Cek Fakta: Radiasi Ponsel Meningkat 1.000 Kali Lipat saat Daya Baterai di Bawah 10 Persen, Benarkah? Ini Faktanya!

JABAR EKSPRESCek fakta beredar unggahan dengan narasi yang mengklaim bahwa radiasi ponsel meningkat hingga 1.000 kali lipat saat kapasitas daya di baterai di bawah 10 persen.

Unggahan yang mengklaim radiasi ponsel meningkat hingga 1.000 kali lipat saat kapasitas daya di baterai di bawah 10 persen tersbeut sontak mengejutkan publik.

Pasalnya tak sedikit orang yang percaya bahwa radiasi ponsel meningkat hingga 1.000 kali lipat saat kapasitas daya di baterai di bawah 10 persen.

BACA JUGA: Cek Fakta: Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Dipecat Buntut Putusan FIFA Soal Piala Dunia U20 2023, Simak Faktanya!

Sehingga perlu untuk ditelusuri cek fakta dari unggahan dnegan narasi yang mengklaim radiasi ponsel meningkat hingga 1.000 kali lipat saat kapasitas daya di baterai di bawah 10 persen.

Tidak hanya itu, dalam unggahan tersbeut juga mengklaim bahwa telinga kiri lebih baik di bandingkan dnegan telinga kanan saat menerima panggilan telepon.

Berdasarkan keterangan unggahan tersebut menjelaskan bahwa radiasi ponsel ke otak yang akan dirasakan pemilik jika menggunakan telinga kanan.

BACA JUGA: Cek Fakta: Viral Surat Tagihan Pajak Diklaim Dikirim dari DJP Via Email, Begini Faktanya

Karena telinga kanan diklaim lebih dekat dengan otak sehingga lebih baik menggunakan telinga kiri.

Unggahan tersebut sudha tersebar di media sosial dan dibagikan kembali ke beberapa platform.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Ternyata menggunakan ponsel untuk menjawab telepon lebih baik ditelinga kiri dari pada ditelinga kanan, hal itu disebabkan karena ditelinga kanan lebih dekat dengan otak, selain itu bila batery handphone kamu terlalu rendah yaitu dibawah 10 persen lebih baik tidak menerima panggilan karena radiasinya meningkat sampai 1000 kali lipat.”

BACA JUGA: Cek Fakta: Heboh Video Penarikan Uang Gaib Beredar di Facebook, Simak Faktanya!

Dikutip JabarEkspres.com dari Antara pada Senin, 3 April 2023, informasi mengenai narasi yang menyebutkan radiasi ponsel meningkat 1.000 kali lipat saat daya baterai di bawah 10 persen adalah tidak benar atau hoaks.

Faktanya, Associate Professor Ken Karipidis mengatakan baterai ponsel tidak berpengaruh pada jumlah gelombang radio yang dipancarkan.

Tinggalkan Balasan