Sepakbola Indonesia: Eksposur Tinggi Dan Terlalu Seksi Untuk Kontestasi Politik

BACA JUGA: Perjalanan Indonesia Dari Terpilih Hingga Status Tuan Rumah Piala Dunia U-20 Dicabut

Betul, kita semua pasti tidak setuju dengan berbagai penjajahan di atas dunia ini. Tapi, sebelum kita menolong negara lain, apakah  negara kita sudah aman dari kejahatan? Sudah makmur dari kasus korupsi? Sudah merdeka dari jajahan kebodohan? Jawaban itu kita semua tahu, “Belum”.

Tapi, mengapa kita terlalu getol memperjuangkan kemerdekaan negara lain, sedangkan negara kita sendiri belum merdeka?

Benar, mereka adalah saudara kita yang sedang membutuhkan pertolongan. Tapi, bangsa ini juga butuh pertolongan untuk bisa bebas dari jajahan bangsa sendiri.

Tidakkah kita berpikir bagaimana impact besar yang kita dapat andai Piala Dunia U-20 tersebut telaksana?

  • Perekonomian masyarakat, baik mikro dan makro bakal meningkat sehingga kemakmuran bagi masyarakat.
  • Pemerintah bakal balik modal dengan segala pemasukkan yang terjadi selama Piala Dunia U-20.
  • Pemain Timnas Indonesia U-20 mendapatkan sorotan dunia karena dipantau oleh scouting tim-tim besar Eropa.
  • Negara Indonesia lebih dikenal dunia karena memiliki negara yang indah dan budaya sepakbola yang kuat.
  • Pemerintah bisa melakukan diplomasi dan lobi dengan Israel agar mengakui kemerdekaan Palestina dan menghentikan penjajahannya.
  • Dampak positif lainnya.

Dengan impact yang sebesar itu, tidakkah kita berpikir bakal lebih mudah menolong Palestina nantinya? Indonesia lebih bermartabat di mata dunia karena profesionalitasnya, tidak lagi dipandang sebelah mata oleh negara lain, dan nama Indonesia semakin luas dikenal oleh dunia.

BACA JUGA: Piala Dunia U-20: Persiapan Tak Main-Main, Hasil Akhirnya Main-Main

Ketika terjadi penolakan hingga batalnya event tersebut saat ini, hal tersebut tidak bakal terjadi. Malah Indonesia yang bakal kemungkinan mendapatkan sanksi dari FIFA.

Saat ini pun, Indonesia sudah terkenal di negara dunia lainnnya. Tetapi, karena kasus-kasus yang terjadi di negeri ini. Mulai dari Kanjuruhan hingga batalnya Piala Dunia U-20 ini. Indonesia bakal menjadi bahan olok-olokan oleh negara lain.

Apa dampaknya penolakan kita terhadap Israel? Apakah Palestina langsung merdeka dengan penolakan tersebut? Tentunya tidak. Mereka bakal terus bermain bola dan mengikuti Piala Dunia U-20. Sementara, Indonesia hanya mendapatkan hikmahnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan