Peringkat 4 dengan Peminat Terbanyak, Sebanyak 24.142 Calon Mahasiswa Daftar ke UPI Lewat SNBP

JABAR EKSPRES – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) berada di peringkat empat dengan peminat terbanyak secara nasional di Indonesia sejumlah 24.142 calon mahasiswa mendaftar pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Selain itu, UPI meraih peringkat tiga terbanyak secara nasional di Indonesia dengan menerima sebanyak 3.374 mahasiswa pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dari 20 PTN terbanyak dari total peserta yang dinyatakan lulus SNBP 2023 pada 137 PTN yang tediri dari 76 PTN Akademik, 43 PTN Vokasi, 18 PTKIN se-Indonesia.

Kepala Humas UPI, Prof Deni Darmawan menjelaskan, UPI meraih peringkat empat tertinggi secara nasional di Indonesia sebanyak 1.037 calon Mahasiswa untuk Peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) per PTN dari 20 terbanyak dari total peserta.

KIP Kuliah adalah bantuan biaya pendidikan dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan.

“Ada tiga program studi yang menempati 20 program studi dengan peminat terbanyak dan memiliki tingkat keketatan tertingggi secara nasional di Indonesia. Ketiga program studi tersebut yaitu Program Studi Manajemen meraih peringkat 3 dengan tingkat keketatan 1,06 %.  Program Studi Ilmu Komunikasi dengan meraih peringkat 5 dengan tingkat keketatan 1,24 %. Program Studi Pendidikan Tata Boga meraih peringkat 14 dengan tingkat keketatan 1,43%,” jelas Prof Deni Darmawan, Rabu (29/3).

Deni menambahkan, peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2023 akan dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tujuan dengan syarat telah memenuhi ketentuan, lolos verifikasi data akademik dengan rapor dan portofolio asli serta menunjukkan ijazah/Surat Keterangan Tanda Lulus atau SKTL asli dan persyaratan lain.

“Kepada peserta yang dinyatakan lulus SNBP 2023, wajib melihat syarat, ketentuan dan jadwal registrasi (daftar ulang) yang dapat dilihat melalui laman: http://pmb.upi.edu/ serta laman http://app.pmb.upi.edu:8080/snbp/beranda,” tambahnya.

Bagi Peserta Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) harus lolos verifikasi terhadap data akademik dan verifikasi data ekonomi melalui dokumen dan/atau kunjungan ke alamat tinggal peserta. Peserta yang dinyatakan Lulus Seleksi Jalur SNBP Tahun 2023 tidak dapat mendaftar jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan