Tembok Penahan Tergerus Longsor, Jalan Penghubung 3 Dusun di Bandung Barat Terputus

JABAR EKSPRES  – Sebuah Tembok Penahan Tanah (TPT) di Kampung Cihanjawar, RT 2/4, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB) tergerus longsor, Kamis 30 Maret 2023

Akibatnya ruas jalan desa penghubung tiga dusun pun terputus.

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Djarot Prasetyo melalui Petugas Lapangan Rudi Wibiksana mengatakan, ruas jalan yang longsor terjadi sekitar pukul 03.00 WIB.

Ruas jalan tersebut merupakan akses utama warga di tiga Dusun antara lain Dusun Cimarel, Dusun Hanjawar, dan Dusun Cibaros yang berjumlah kurang lebih sekitar 3.500 jiwa.

“Longsor ini menyebabkan terganggunya aktivitas masyarakat di tiga dusun, baik itu pejalan kaki maupun kendaraan roda dua,”katanya saat dihubungi, Kamis 30 Maret 2023.

Ia menjelaskan, longsor TPT di ruas jalan desa tersebut terjadi akibat hujan deras terlebih lokasinya berada di tepi aliran Sungai Cijambu, sehingga terus tergerus air dan akhirnya longsor.

“Dampak dari longsor tersebut, badan jalan terputus dengan panjang 17 meter, tinggi 3,5 meter, dan lebar badan 1,5 meter,” ucap Djarot.

Pasca kejadian tersebut, Rudi mengatakan pihak desa berkoordinasi dengan ketiga kepala dusun untuk membuat jalan sementara dengan menggunakan bambu.

“Kepala desa mengarahkan ketiga kadus dan RT/RW serta warganya untuk langsung membuat akses jalan sementara menggunakan bambu,” tuturnya.

Rudy menambahkan, pengerjaan pembuatan jalan sementara yang dikerjakan dimulai  sejak pukul 08.00 WIB dan selesai pada pukul 01.00 WIB, namun untuk keamanan jalan tersebut perlu dilakukan perbaikan secara permanen.

“Karena jalan itu merupakan akses utama warga di tiga dusun. Maka kebutuhan mendesaknya adalah perbaikan badan jalan yang terputus dengan cara membangun kembali TPT atau boronjong,” pusngkasnya.

Tinggalkan Balasan