Semarak Ramadan! Pameran Mushaf Sundawi Siap Hadir di Masjid Pusdai Bandung

JABAR EKSPRES – Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jawa Barat (Jabar) bisa jadi alternatif untuk mengisi waktu selama Ramadan.

Ada banyak kegiatan yang bisa di ikuti di masjid yang ada di Jalan Pusdai Kota Bandung itu. Salah satunya yang menarik adalah bakal ada Pameran Mushaf Sundawi.

Manager Operasional Masjid Pusdai Jabar Hendy Hermawan mengungkapkan, rencananya pameran itu bakal digelar pada 1-8 April nanti.

Pameran mushaf ini perdana di Pusdai dan gratis untuk masyarakat,” jelasnya kepada Jabar Ekspres.

Hendy menguraikan, Mushaf Sundawi merupakan ayat dalam Al Quran yang ditulis tangan dan dibuat sekitar 1997 lalu. Mushaf itu terdiri dari 763 halaman. Bentuknya tentu lebih unik jika dibanding dengan Al Quran pada umumnya. Pertama ukurannya juga besar sekitar 1 meter persegi di tiap dua halamannya.

Kemudian mushaf itu di hiasi 22 motif khas Sunda. Sehingga akan lebih asyik saat dibaca.

“Ini juga sebagai sarana edukasi kepada masyarakat. Khususnya pelajar agar mengenal dan lebih dekat dengan Al Quran,” tutur pria yang juga Sekretaris Panitia Ramadan itu.

Selain Mushaf Sundawi, sejumlah barang berharga dan bersejarah terkait penyebaran islam di tanah Sunda juga akan dipajang. Sehingga masyarakat benar – benar bakal menambah wawasannya terkait sejarah islam di Sunda.

“Ini juga bakal memberikan motivasi dan transfer ide kreatif kepada generasi masa kini,” katanya.

Tak hanya pameran mushaf dan benda bersejarah, sejumlah kegiatan menarik bernuansa religi akan banyak digelar di Masjid Pusdai.

Seperti tausiah selepas salat, tahsin, diklat da’iah, kajian pra nikah, kajian hukum waris, diklat pemulasaraan jenazah, bazar, pesantren kilat, hingga iktikaf.

Dari pengalaman, iktikaf di 10 malam terakhir Ramadan itu juga  diminati masyarakat. Jamaahnya bisa mencapai 3.000 orang jika di malam ganjil dan sekitar 1.500 orang di malam genap.

Bahkan tidak hanya masyarakat lokal, sejumlah warga asing juga turut mewarnai jamaah iktikaf.

“Kami juga telah membuka pendaftaran iktikaf secara online,” terangnya.

Masjid Pusdai Jabar ini memiliki kapasitas sekitar 12.000 jamaah. Terbagi di dalam masjid dan selasar. Masjid ini juga bisa jadi alternatif Salat Idul Fitri saat lebaran nanti.(mg4)

Tinggalkan Balasan