PT KAI Daop 2 Bandung Mulai Lakukan Berbagai Persiapan Mudik Lebaran

JABAR EKSPRES – Jelang mudik lebaran tahun 2023 PT KAI Daop dua Bandung terus melakukan sejumlah persiapan.

Salah satunya mengecek dan memperbaiki geometrik jalan atau rel kereta api di sejumlah titik sepanjang lintasan yang masuk wilayah Daop 2 Bandung.

Termasuk yang ada di wilayah Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Saat ini perawatan dan perbaikan geometrik lintasan tersebut tengah dikerjakan di titik perlintasan rel kereta api Cimindi Kota Cimahi, Jawa Barat.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung, Mahendro Trang Bawono mengungkapkan, jika berbicara terkait angkutan lebaran, pihaknya mempersiapkan sejak jauh jauh hari.

Persiapan dilakukan sejak awal Maret. Bahkan, pihaknya sudah beberapa kali melakukan pemeriksaan atau inspeksi dilintasan.

”Pengecekan tidak hanya dilakukan di Cimahi saja, tapi mulai dari lintas Cibungur hingga Banjar pokonya seluruh wilayah Daop 2 Bandung,” ungkapnya, saat ditemui, Kamis (30/3).

Dia mengakui jika ada beberapa titik jalur yang butuh perbaikan. Pihaknya pun menargetkan perbaikan tersebut dapat rampung sebelum 12 April 2023 mendatang.

”Setelah perbaikan maka siap dilalui kereta api sesuai kecepatan yang diinginkan,” terangnya.

Menurutnya, di beberapa titik memang ada pekerjaan perbaikan geometrik jalan yang meliputi pergantian rel dan bantalan.

”Ketika kondisi jalurnya aman, maka potensi bahaya terjadinya kecelakaan kereta api pun bisa kita minimalisir dan ditekan sampai angka nol,” ujarnya.

Dia mengaku, PT KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan kereta api.

Untuk itu lah persiapan dilakukan sejak jauh hari agar bisa menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api.

”Semangatnya memang untuk menciptakan perjalanan kereta api yang aman dan nyaman. Sehingga, dapat digunakan untuk angkutan lebaran tahun ini,” bebernya.

Selain perbaikan geometrik jalan yang meliputi pergantian rel dan bantalan, saat ini PT KAI tengah melakukan pengerjaan pembangunan infrastruktur bangunan, salah satunya di Stasiun Padalarang KBB yang saat ini masih dalam proses pengerjaan.

”Selain pengerjaan geometrik lintasan, pembangunan Stasiun Padalarang yang semuanya itu saling berkaitan pun tengah dilakukan, serta itu pun berkaitan juga dengan keberadaan Kereta Cepat Jakarta Bandung,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan