4 Poin Penting Memuliakan Tamu Dalam Islam

Dari Abdullah bin Al Harits bin Jaz’i berkata:

مَا رَأَيْتُ أَحَدًا أَكْثَرَ تَبَسُّمًا مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Aku tidak pernah melihat seseorang yang paling banyak senyumannya selain Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.” (HR. Tirmidzi No. 3574)

  1. Menjamu Tamu dengan Baik

Ketika tamu datang, hendaklah kita memberikan jamuan terbaik kepada mereka. Baik itu yang seiman maupun yang tidak. Hal ini sebagaimana yang Rasulullah SAW. lakukan yang tetap memberikan jamuan terbaiknya.

Dari Abu Hurairah RA. berkata, Rasulullah SAW. bersabda:

ضَافَهُ ضَيْفٌ كَافِرٌ فَأَمَرَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِشَاةٍ فَحُلِبَتْ فَشَرِبَ حِلَابَهَا ثُمَّ أُخْرَى فَشَرِبَهُ ثُمَّ أُخْرَى فَشَرِبَهُ حَتَّى شَرِبَ حِلَابَ سَبْعِ شِيَاهٍ ثُمَّ إِنَّهُ أَصْبَحَ فَأَسْلَمَ فَأَمَرَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِشَاةٍ فَحُلِبَتْ فَشَرِبَ حِلَابَهَا ثُمَّ أَمَرَ لَهُ بِأُخْرَى فَلَمْ يَسْتَتِمَّهَا فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُؤْمِنُ يَشْرَبُ فِي مِعًى وَاحِدٍ وَالْكَافِرُ يَشْرَبُ فِي سَبْعَةِ أَمْعَاءٍ

“Seorang kafir datang bertamu kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Maka beliau memerintahkan untuk kambing mendatangkan seekor kambing untuk diperah, orang kafir itu lalu memimun perahan susunya. Lalu diperahkan dari kambing yang lain, dan ia meminumnya. Lalu diperahkan dari kambing lain lain, dan ia meminumnya lagi, hingga menghabiskan susu dari tujuh kambing. Keesoakan harinya orangitu masuk Islam. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam menyuruh agar kambing beliau diperah. Diapun minum air susunya, kemudian beliau memerahkannya lagi namun dia tidak sanggup menghabisinya. Sehingga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang mukmin minum dengan satu usus sedangkan orang kafir minum dengan tujuh usus.” (HR. Malik 1443)

Baca juga: Tips Belajar Agama Walaupun Tanpa Pendidikan Formal

  1. Mengiringi Tamu saat Pulang

Apabila hajat sang tamu telah selesai, maka hendaklah kita iringi dia saat akan pulang. Kita ucapkan juga kata-kata baik yang menyejukkan hati untuk perpisahan tersebut. Jangan lupa untuk memberikan senyuman yang terbaik. Hantarkanlah dia hingga tidak terlihat lagi oleh mata.

Alkisah, Abu Ubaid Qasim bin Salam pernah mengunjungi Imam Ahmad bin Hambal. Abu Ubaid Qasim bin Salam berkata, “Tatkala aku hendak pergi, dia bangun bersamaku. Aku pun berkata (karena malu atas penghormatannya itu): “Jangan kau lakukan ini, wahai Abu Abdillah!”

Demikianlah 4 poin penting memuliakan tamu dalam Islam. Kita tidak boleh membeda-bedakan tamu yang datang berkunjung. Mau dia muslim atau pun tidak. Tetaplah kita memberikan jamuan yang terbaik untuk mereka. (*)

Baca juga: Begini Jawaban Islam Terkait Tidur Setelah Subuh

Tinggalkan Balasan