Presiden Jokowi Pastikan Kehadiran Israel di Piala Dunia U20 Tak Kaitannya dengan Dukungan Indonesia Terhadap Palestina

JABAR EKSPRES – Presiden Joko Widodo atau Jokowi buka suara soal kisruh Indonesia yang terancam batal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 akibat menolak kehadiran Israel dalam pertandingan bergengsi yang digelar oleh federasi sepak bola dunia, FIFA.

Presiden Jokowi menegaskan bahwa keikutsertaan Israel dalam Piala Dunia U20 yang digelar FIFA tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Bahkan Presiden memastikan bahwa dukungan Indonesia terhadap Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel tetap kokoh, seiring mencuatnya isu FIFA membatalkan Indonesia menajdi tuan rumah Piala Dunia U20 di Bali.

BACA JUGA: FIFA U-20 World Cup Officially Cancelled In Indonesia Due To Bali Governor’s View on Israel

“Saya menjamin keikutsertaan Israel tidak ada kaitannya dengan konsistensi posisi politik luar negeri kita terhadap Palestina.

Dukungan kita (Indonesia) terhadap Palestina selalu kokoh dan kuat,” kata Presiden Jokowi dikutip JabarEkspres.com dari kanal YouTube Setpres pada Rabu, 29 Maret 2023.

Hal tersebut disampiakannya secara resmi oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut pada Selasa, 28 Maret 2023.

Tidak hanya itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan pernyataan Dubes Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun yang juga menanggapi kekisruhan tersebut.

Ia mengatakan bahwa Dubes Palestina atas Indonesia meminta agar urusan politik dan olahraga tidak dicampuradukkan.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa FIFA juga memiliki aturan yang harus ditaati oleh anggotanya termasuk Indonesia dan Israel yang rencananya akan terlibat dalam Piala Dunia U20.

“Dalam urusan Piala Dunia U20 ini, kita sependapat dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia bahwa FIFA memiliki aturan yang harus ditaati anggotanya.

Jadi jangan mencampuradukkan urusan olahraga dan urusan politik,” katanya.

Ia telah mengutus Menpora sekaligus Ketua Umum PSSI, Erick Thohir utuk menemui pihak FIFA terhadap hal tersebut menjelang drawing atau pengundian Piala Dunia U20.

Pasalnya, kata Jokowi, FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan Indonesia terhadap Palestina pada ajang sepak bola bergengsi itu.

“Saat ini FIFA juga telah mengetahui adanya penolakan-penolakan terhadap keikutsertaan Timnas Israel di Piala Dunia U-20,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan