Masjid Unik Menyerupai Kapal Laut di Cimahi, Terinspirasi dari Kisah Nabi Nuh

JABAR EKSPRES – Terinspirasi dari kisah Nabi Nuh, masjid yang menyerupai kapal laut di Kota Cimahi Jawa Barat ramai dikunjungi masyarakat.

Masjid Kapal Laut ini dikenal juga sebagai wisata religi, terlebih lagi saat bulan Ramadhan. Selain wisatawan lokal, wisatawan dari luar negeri pun kerap mengunjungi masjid ini.

Melihat dari luar, sulit percaya bahwa bangunan yang ada di Jalan Bapak Ampi, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat ini adalah sebuah masjid.

Bentuknya memang berbeda, masjid Al Baakhirah ini tidak memiliki kubah seperti bentuk mesjid pada umumnya.

Dari arah depan, bentuknya masjid ini bahkan seperti kapal laut yang tengah bersandar di dermaga dan ada cerobong serta jangkar berwarna putih yang diikat dengan tali besar, ada juga bangunan mirip geladak, serta kabin untuk nakhkoda.

Menurut pengelola masjid Ustad Gunadi menceritakan masjid ini dibangun oleh keluarga yang orang tuanya berprofesi sebagai nahkoda kapal laut.

“Setelah wafat orang tuanya, ke 3 anak anaknya mungkin terinspirasi terbawa bawa dari kecil dimana ayahnya seorang nahkoda dan sering melihat kapal hingga akhirnya terinspirasi untuk dijadikan bangunan masjid,” tutur Gunadi.

Adapun keunikan dan masjid berbentuk kapal ini adalah bagaikan bahtera Nabi Nuh yang dapat membawa jamaahnya menuju jalan yang di ridhoi Allah.

“Kapal itu mungkin sebagai bahtera untuk mengantarkan penumpangnya kan, tapi kalau ini kan diam bangunan ya, jadi mudah mudahan Insya Allah semua jamaah yang datang ke masjid ini diantarkan ke surga dan diharapkan menjadi penghuni Surga ,” ucap Gunadi.

Gunadi melanjutkan, bangunan luar dan dalam masjid yang dibangun tahun 2015 dan rampung tahun 2016 tersebut hampir mirip dengan aslinya, terlebih ada beberapa part bagian kapal yang memang asli bawaan dari kapal.

“Ya seperti bagaimana layaknya kapal, mungkin kalo ini tidak pake mesin ya kan bangunan, tapi bentuk dan semuanya ini mengikuti mulai dari kaca jendela pokoknya meniru dan kadang kadang ada yang aslinya dari kapal dipasang disini seperti ruang kendali yang ada di atas,”ujar Gunadi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan