Komisi V DPRD Sarankan Ada BKO Nakes ke Purwakarta untuk Tuntaskan Polio

JABAR EKSPRES – Wakil Ketua Komisi V DPRD Abdul Hadi Wijaya menyarankan ada Bantuan Kendali Operasi (BKO) dari daerah lain untuk dikirim ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Mengenai saran BKO untuk dikirim ke Kabupaten Purwakarta disampaikan oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD tersebut lantaran berkaitan dengan kasus Polio yang tengah marak di daerah tersebut.

Politikus PKS itu memaparkan bahwa pihaknya mengapresiasi atas terdeteksinya kasus polio tersebut.

BACA JUGA: Anggota DPRD Jabar Dorong Cimande Jadi Wisata Budaya dan Religi

“Sudah on the track dilakukan prosedur KLB,” katanya kepada Jabar Ekspres pada Rabu, 29 Maret 2023.

Hadi mengatakan, untuk mempercepat penanganan tentunya perlu ada penambahan tenaga kesehatan di wilayah tersebut. Solusinya adalah dengan BKO. “Jadi nakes di daerah lain bisa dipinjamkan ke Purwakarta untuk sementara waktu,” cetusnya.

Di lain pihak, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar juga tengah bergerak untung mengantisipasi penyebaran polio tersebut. Langkahnya adalah bakal menggelas vaksinasi polio mulai 3 April 2023 nanti dengan target 4 juta balita.

Diketahui polio adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Polio. Virus itu dapat menyebabkan kelumpuhan permanen dan bahkan kematian akibat gagalnya sistem pernapasan.

Polio biasanya menyebar melalui fecal-oral. Virus berkembang biak di sistem pencernaan, dan dikeluarkan melalui feses yang kemudian menyebar melalui air.

Risiko semakin besar jika masyarakat memiliki sistem sanitasi yang tidak baik. Misalnya buang air besar sembarangan.

Beberapa gejala yang muncul jika terserang polio umumnya berupa demam, kelelahan, sakit kepala, muntah, kekakuan leher hingga nyeri tungkai. Sementara pada kasus yang lebih serius, virus polio bisa menimbulkan kelumpuhan.(mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan