Provinsi Dengan Pemeluk Islam Terbanyak Di Indonesia

JABAR EKSPRES – Agama Islam merupakan agama mayoritas di Indonesia dengan persentase 86,7 persen dari total penduduk Indonesia dengan jumlah 231 juta jiwa. Saat ini, jumlah penduduk Indonesia adalah 273,8 juta berdasarkan sensus penduduk tahun 2021.

Di Indonesia, hampir setiap provinsi menjadikan Islam sebagai agama mayoritas. Berikut provinsi dengan persentase pemeluk Islam terbanyak di Indonesia.

  1. Aceh

Provinsi dengan julukan Negeri Serambi Makkah ini menjadi provinsi dengan persentase pemeluk Islam terbanyak di Indonesia dengan 98,57 persen. Dari total 5,38 juta penduduk Aceh, 5,26 juta diantaranya beragama Islam.

Baca juga: Negara Dengan Persentase Islam Terbanyak Di Dunia

  1. Gorontalo

Provinsi yang berada di utara pulau Sulawesi ini memiliki persentase 98,02 persen. Jumlah penduduk Islam di sini sebanyak 1,18 juta dari total 1,2 juta penduduk Gorontalo.

  1. Bengkulu

Provinsi yang terkenal dengan bunga Raflesianya ini memiliki persentase penduduk Islam sebanyak 97,68 persen. Total penduduk Bengkulu adalah 2,03 juta jiwa dan sebanyak 1,99 juta itun beragama Islam.

  1. Sumatra Barat

Daerah yang berada di pesisir barat Sumatra ini memiliki penduduk muslim sebanyak 5,39 juta jiwa dari total jumlah penduduknya 5,58 juta jiwa. Persentase jumlah penduduk muslim di sini sebesar 97,6 persen.

Baca juga: Masjid-Masjid Ini Memiliki Kapasitas Jamaah Terbesar Di Dunia, Ada Indonesia Coy!

  1. Jawa Barat

Tanah Pasundan ini memiliki penduduk muslim terbanyak di tanah Jawa dengan persentase 97,31 persen. Jumlah penduduk Jawa Barat sebanyak 67,59 juta jiwa dan pemeluk Islamnya sebanyak 46,3 juta jiwa.

  1. Jawa Tengah

Provinsi dengan penutur bahasa Jawa terbanyak di Indonesia ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 37,23 juta jiwa dengan pemeluk Islamnya berjumlah 36,21 juta jiwa. Persentase penduduk Islam di provinsi ini sebanyak 97,28 persen.

  1. Jawa timur

Provinsi paling ujung pulau Jawa ini memiliki penduduk Islam sebanyak 39,85 juta jiwa dari total penduduk 40,994 juta jiwa. Persentase penduduk Islam di provinsi ini sebanyak 97,23 persen.

Baca juga: Macam-Macam Generasi Di Indonesia, Kamu Di Bagian Mana?

Demikianlah ulasan tentang provinsi dengan pemeluk Islam terbanyak di Indonesia. Walaupun Islam menjadi mayoritas di negara ini, tetapi jangan sampai mempersekusi minoritas karena kita adalah Indonesia. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan