Kubah Masjid Al Ikhlas Margaluyu Ambruk

BANDUNG – Angin kencang yang menerjang Kota Bandung Sabtu 25 Maret 2023 tidak hanya memporak – porandakan kawasan Jalan Soekarno Hatta. Tetapi angin itu juga merusak kawasan permukiman penduduk di Jalan Margaluyu, Kelurahan Margasari. Akibatnya, kubah Masjid Al Ikhlas di kawasan tersebut ambruk.

Kerusakan terjadi pada kubah utama masjid tersebut. Kubah yang terbuat dari rangka baja dan panel enamel itu ambruk tapi masih berada di atap masjid.

Pantauan Jabar Ekspres, Minggu (26/3) siang, puing – puing kubah itu juga telah dibersihkan oleh warga. Tetapi nampak jelas bahwa kubah utama masjid itu telah hilang. “Tadi masyarakat kerja bakti. Ini baru selesai,” kata Asep, pengurus masjid tersebut.

Asep menambahkan, dalam kejadian itu tidak sampai menelan korban jiwa. Kondisi masjid juga sedang sepi dan kubah tidak sampai terbang ke rumah warga yang ada di kanan kiri masjid.

Ambruknya kubah masjid itu juga tidak sampai mengganggu aktifitas ibadah. Karena atap masjid sudah di cor, sehingga tetap tertutup meski kubahnya ambruk. “Puing – puingnya juga tidak ke lantai bawah karena atapnya di cor,” imbuhnya.

Kendati demikian, rusaknya kubah itu tetap membutuhkan waktu untuk perbaikan. Termasuk dana untuk membangun kembali kubah utama itu.

Sementara itu, tidak jauh dari lokasi masjid, satu pohon mangga berukuran besar juga ambruk. Beruntung tidak sampai mengenai rumah warga karena posisinya berada di pinggir sawah.

Tetapi pohon itu menimpa kabel listrik dan telekomunikasi. “Listrik sempat padam selepas kejadian,” kata Hamdan, warga setempat.

Selain itu, sejumlah warga di kawasan tersebut juga nampak memperbaiki atap rumah masing-masing. Beberapa rumah mengalami rusak ringan akibat angin kencang itu.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, angin kencang itu juga telah merobohkan baliho di Simpang Empat Soekarno Hatta Kiaracondong. Tiga kendaraan bermotor tertimpa baliho berukuran besar itu. (mg4)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan