Mengenal Adab Orang yang Sedang Berpuasa

JABAR EKSPRES – Menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sebaiknya mengetahui bagaimana adabnya. Karena dengan mengenal adab orang yang sedang puasa kamu akan bisa memaksimalkan ibadahmu.

Puasa tidak hanya menahan lapar dan haus saja, ada beberapa adab yang sebaiknya dilakukan oleh orang yang berpuasa.

Adab ini dilakukan oleh Rosulullah, sehingga sudah sepatutnya kalau kita juga mengikutinya.

Berikut adab yang bisa diteladani untuk kita lakukan saat kita sedang berpuasa:

1. Usahakan melakukan sahur diakhir waktu atau mendekati waktu subuh.

2. Menyegerakan untuk berbuka puasa, begitu mendengar suara adzan.

3. Banyak berdoa ketika kita sedang berpuasa.
Ada Hadist yang menjelaskan tentang hal ini :

“Tiga golongan yang doanya tidak tertolak, orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang terdzolimi” (HR Ahmad, shahih)

4. Menahan diri dari perkara-perkara yang merusak puasa atau menghilangkan pahala puasa. Seperti berkata dusta atau bohong, berkata lagwu atau sia-sia dan rofats atau kata-kata porno dan perkara maksiat lainnya.

5. Banyak yang meragukan apakah sikat gigi menggunakan pasta gigi diperbolehkan saat berpuasa?, nah ada satu solusi yang lebih tepat bila kamu ragu akan sah atau tidaknya sikat gigi saat berpuasa.

Kamu bisa Bersiwak, karena dengan bersiwak akan lebih aman, sebab siwak tidak mebutuhkan air dan pasta gigi untuk membersihkan gigi.

6. Memperbanyak bersedekah dan tadarus AL Quran, hal ini sangat jelas ada di Alquran.

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat gandakan(Ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.(QS. AL Hadid:18)

7 Bersungguh-sungguh dalam beribadah, khususnya pada 10 hari terakhir

Dari Aisyah Radhiyallahu anha, Dia berkata : “Rosulullah shalallahu Alahi wa Sallam sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir bulan RAmadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu yang lain. (HR Muslin no 1175)

Karena di sepuluh hari terakhir ada malam lailatur Qaddar, dan merupakan saat terberat melakukan ibadah puasa karena mendekati lebaran.

Selain adab yang dilakukan seseorang saat berpuasa, kita juga wajib tahu apa saja yang sebaiknya dilakukan saat berbuka puasa:

Tinggalkan Balasan