Bacaan Dzikir AL Matsurat Lengkap Sesuai Urutan yang Benar

JABAR EKSPRES – Membaca dzikir merupakan amalan yang sangat dianjurkan terutama di Bulan Ramadhan. Dzikir yang paling banyak diikuti dan diamalkan adalah Dzikir AL Matsurat.

Dzikir AL Matsurat yang berisi kalimat thoyyibah, asmaul husna, surat-surat al Quran, dan doa-doa lainnya, merupakan Dzikir yang disusun oleh Imam Hasan Al Banna.

Membaca Dzikir bisa dilakukan kapan saja, seusai sholat fardhu atau ada waktu tertentu yang dianjurkan yakni pada pagi dan petang.

Allah Swt berfirman dalam Surat Al Ahzab ayat 42:

” Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya. Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang.”

Ayat tersebut Menurut tafsir Ibnu Katsir, menyebutkan bahwa Dzikir merupakan sebuah bentuk rasa syukur untuk selalu menyebut nama Allah yang telah memberikan kenikmatan bagi manusia.

Dengan berdzikir maka akan bernilai ibadah dengan ganjaran pahala berlimpah dari Allah Swt.

Urutan Dzikir dan Doa Al Ma’tsurat

Berikut ini uruta bacaan dzikir al Ma’tsurat yang bisa kamu amalkan setiap pagi dan sore hari:

Surat Al-Fatihah 1 kali.

Surat Al Baqarah ayat 1-5

Ayat kursi 1 kali.

Al Baqarah ayat 255-257 dibaca 1 kali.

Al Baqarah ayat 284-286 dibaca 1 kali.

Al Ikhlas 3 kali.

Al Falaq 3 kali.

An Naas 3 kali.

Do’a Al Matsurat dibaca 3 kali.

أَصْبَحْنَا وَأَصْبَحَ (أَمْسَيْنَا وَأَمْسَى) الْمُلْكُ لِلّهَِ وَالْحَمْدُ لِلّهَِ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لاَ إِلهَ إِلَّا هُوَ وَإِلَيْهِ النُّشُوْرُ (الْمَصِيْرُ)

Artinya: Kami berpagi hari (bersore hari) dan berpagi hari (bersore hari) pula kerjaan milik Allah. Segala puji bagi Allah, tiada sekutu bagi-Nya, tiada Tuhan melainkan Dia dan kepada-Nya tempat kembali.

Doa Al Matsurat dibaca 3 kali.

أَصْبَحْنَا (أَمْسَيْنَا) عَلَى فِطْرَةِ اْلإِسْلاَمِ وَعَلَى كَلِمَةِ اْلإِخْلاَصِ وَعَلَى دِيْنِ نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعَلَى مِلَّةِ أَبِيْنَا إِبْرَاهِيْمَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا كَانَ مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ

Artinya: Di waktu pagi (sore) kami memegang agama Islam, kalimat ikhlas, agama Nabi kita Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dan agama ayah kami Ibrahim, yang berdiri di atas jalan yang lurus, muslim dan tidak tergolong orang-orang musyrik.

Doa Al Matsurat dibaca 3 kali.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَصْبَحْتُ (أَمْسَيتُ) مِنْكَ فِي نِعْمَةٍ وَعَافِيَةٍ وَسِتْر فَأَتِمَّ عَلَيَّ نِعْمَتَكَ وَعَافِيَتَكَ وَسِتْرَكَ فِي الدُّنْيَا وَالآخِرَة

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berpagi hari (bersore hari) dari-Mu dalam kenikmatan, kesehatan dan perlindungan. Maka sempurnakannlah untukku kenikmatan, kesehatan dan perlindungan-Mu itu di dunia dan akhirat.

Doa Al Matsurat dibaca 3 kali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan