BPC Perhumas Bogor Tingkatkan Literasi Digital pada Pengelola Wisata Desa Ciasmara

JABAR EKSPRES – BPC Perhumas Bogor berkolaborasi dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan (Unpak) dan Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Sebelumnya beberapa kegiatan juga telah dilakukan adalah peningkatan kapasitas literasi digital pengelola wisata di Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Pendampingan terhadap pengelola wisata di desa Ciasmara tersebut diikuti oleh para koordinator sektor wisata Desa Ciasmara.

Agenda utama pada kegiatan itu adalah melatih para pengelola wisata untuk menggunakan sosial media agar membantu promosi dan membangun branding desa wisata dan objek wisata yang ada di Desa Ciasmara.

Ketua BPC Perhumas Bogor, Mariana Rista Ananda Siregar menjelaskan, kegiatan pengabdian kepada masyarakat tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan penggunaan media sosial untuk kebutuhan promosi  branding pariwisata desa Ciasmara.

”Pengembangan wisata, terutama di daerah pedesaan, tidak bisa berdiri sendiri, perlu adanya sinergi atau kolaborasi komunikasi yang baik antara beberapa pihak seperti pemerintah desa, masyarakat lokal, media lokal, industri atau UMKM lokal dan perguruan tinggi, atau yang biasa disebut dengan Penta-Helix,” kata Mariana Rista Ananda Siregar, Kamis (23/3).

Melalui program-programnya , BPC Perhumas Bogor berkomitmen mendukung pengembangan wisata baik di Kota Bogor atau pun Kabupaten Bogor dengan tetap meletakan kolaborasi komunikasi antara semua pihak.

Seperti memprioritaskan literasi digital untuk desa wisata, humas desa/kelurahan, dan pendampingan terhadap masyarakat untuk pengembangan wisata berbasis masyarakat agar mampu berkolaborasi dengan pihak terkait.

Mariana menjelaskan, BPC Perhumas Bogor diisi orang-orang praktisi humas dari berbagai instansi baik instansi pemerintahan, swasta serta peneliti dan dosen yang memang fokus dengan bidang kehumasan.

Komposisi itu menjadi kekuatan tersendiri yang dapat membantu melihat tantangan kehumasan dari perspektif yang lebih komprehensif.

”Kami berharap dari ko,posisi ini dapat berkontribusi secara positif terhadap tantangan kehumasan di Kota dan Kabupaten Bogor,” bebernya.

Sementara itu, Salah satu fasilitator dalam pendampingan kegiatan tersebut Yogaprasta menjelaskan, kegiatan yang dilakukan oleh Perhumas Bogor di desa sangat positif.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan