Tips Biar Uang Gajianmu Ga Abis Mulu

JABAR EKSPRES – Hari gajian merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh setiap pekerja. Dengan cairnya uang gaji, mereka bisa membeli kebutuhan primer, sekunder, maupun tersiernya.

Tetapi, pernahkah kamu merasa jika uang gajianmu itu hanya datang sekejap saja? Habis entah kemana. Padahal tanggal gajian berikutnya masih lama sehingga dompet sudah kembang kempis lagi. Jika kamu merasa begitu, berarti manajemen keuanganmu masih harus dibenahi.

Baca juga: Tips Cuan Investasi Saham, Dijamin Berhasil!

Pengelolaan keuangan tidak memandang besaran gaji yang kamu dapatkan. Jika kamu tidak bisa mengelolanya, maka benda tersebut akan hilang dalam sekejap mata. Maka dari itu, kita sangat penting dalam mempelajari prinsip dasar dari manajemen keuangan.

Berikut beberapa prinsip dasar manajemen keuangan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari agar uang gajiannya tahan hingga tanggal gajian berikutnya.

  1. Membuat Daftar Kebutuhan Selama Sebulan

Kamu dapat membuat daftar kebutuhan ini sebelum waktu gajian. Hal ini berguna agar di hari H kamu bisa membagi uang gajianmu ke daftar kebutuhan tersebut. Andai tidak dialokasikan begitu, maka tujuan kamu menyusun daftar kebutuhan tidak bakal tercapai.

Daftar kebutuhan berisikan pengeluaran secara detail selama sebulan, baik itu kebutuhan primer, sekunder, atau pun tersier.

Baca juga: Tips Melunasi Utang Dan Cicilan Yang Menumpuk

  1. Mencatat Pengeluaran Harian

Setelah kamu membuat daftar kebutuhan selama sebulan, maka kamu harus membuat daftar pengeluaran harian. Hal ini berguna untuk melacak pengeluaran yang kamu habiskan selama sehari. Dengan mencatat pengeluaran harian ini, kamu bisa tahu di bagian mana kamu banyak menghabiskan uang.

Dalam mencatat pengeluaran harian ini, kamu bisa menggunakan metode konvensional dengan menggunakan buku catatan atau lain sebagainya. Selain itu, kamu bisa juga memanfaatkan modernnya zaman dengan mencatat pengeluaranmu menggunakan aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone.

  1. Mengatur Gaji dengan Evaluasi Pengeluaran Selama Sebulan

Setelah kamu melakukan perencanaan dan pencatatan pengeluaran selama sebulan, maka saatnya kamu mengevaluasi. Hal ini bertujuan untuk melihat konsistensimu dalam mencatat pengeluaran.

Jadi, dengan catatan rutin tersebut kamu bisa crooscheck bagaimana rencana keuanganmu apakah sesuai dengan ekspektasi atau tidak. Dalam melakukan hal ini, tentunya bakal terjadi kesalahan dalam mencatat pengeluaran. Hal ini wajar terjadi, namun jangan dipelihara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan