Tips Melunasi Utang Dan Cicilan Yang Menumpuk

Misal, kamu suka makan di luar dengan menggunakan 30  persen uang dari gaji, maka kamu bisa menghemat pengeluaran untuk makan dengan memasak makanan sendiri.

  1. Tetap Menabung Saat Utang dan Cicilan Menumpuk

Walaupun utang dan cicilan menumpuk, bukan berarti menabungmu juga ditunda. Menabung berguna untuk keuangan tertentu, seperti dana darurat, dan lain-lain. Disaat utang dan cicilan menumpuk, kemu boleh memprioritaskan membayar utang dan cicilan dibandingkan menabung.

Sebagaimana dijelaskan dalam poin sebelumnya, ada beberapa kriteria yang mengaharuskan membayar utang dan cicilan terlebih dahulu seperti pembayaran yang sudah deadline, utang dan cicilan dengan beban bunga yang besar dan lainnya.

Idealnya kamu dapat tetap menabung dengan menyisihkan sekitar 10 persen dari pemasukkanmu. Andaikan hal gtersebut masih menyulitkan, kamu bisa menabung dibawah angka yang disarankan tersebut.

Baca juga: 3 Alasan Orang Enggan Berwisata Ke Kota Bandung

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk tetap menabung disaat utang dan cicilan menyerang. Tetap semangat bekerja dan jangan ragu karena utang dan cicilan pasti lunas pada waktunya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan