Mengapa Kita Harus Berpuasa? Ini Beberapa Hikmahnya

  JABAR EKSPRES- Simaklah informasi mengenai mengapa kita harus berpuasa saat bulan Ramadhan, apakah ada hikmahnya? Untuk mengetahuinya bacalah artikel ini selengkapnya.

Mengapa kita umat muslim harus shaum pada bulan Ramadhan? Ibadah shaum Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dijalankan oleh seluruh umat muslim, sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur’an Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ – ١٨٣

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Alasan dan Hikmah Mengapa Kita Harus Berpuasa

Puasa di bulan Ramadhan memiliki tujuan dan hikmah bagi umat muslim, baik secara rohani maupun jasmani. Berikut beberapa makna dan hikmah saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan:

Melatih diri untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah puasa, umat muslim diharapkan memperhatikan permohonan dan perintah Allah, serta menghindari perbuatan dosa. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk beribadah dengan penuh kesyukuran dan mendapat pahala yang berlipat ganda.

Melatih disiplin terhadap waktu. Umat muslim harus patuh pada waktu sahur dan berbuka puasa. Kedisiplinan dalam menjalankan waktu sahur dan berbuka puasa akan membantu meningkatkan motivasi untuk bangun lebih pagi dan mendapatkan rejeki yang halal.

Memberikan keseimbangan dalam kehidupan. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mengingat dan melaksanakan kewajiban beribadah. Umat muslim dilatih untuk mengingatkan dan melaksanakan seluruh kewajiban beribadah dengan imbalan pahala yang berlipat ganda.

Baca juga: Sebentar Lagi Ramadhan! Ini Manfaat Shaum, No 1 Menggiurkan!

Mempererat silaturahmi dan meningkatkan kepedulian pada sesama. Bulan Ramadhan menjadi waktu yang tepat untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama muslim. Melalui memberikan tajil untuk berbuka puasa di masjid secara gratis dan bergiliran, maka rasa persaudaraan antar sesama muslim akan semakin terjalin.

Mengetahui bahwa ibadah puasa memiliki tujuan. Tujuan utama dari ibadah shaum adalah untuk melatih diri agar dapat menghindari perbuatan dosa di hari-hari lain di luar bulan Ramadhan. Puasa akan memiliki arti jika tujuan tersebut tercapai.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan