Link Pendaftaran Mudik Gratis untuk Lebaran 2023, Cukup Pakai KTP

JABAR EKSPRES – Pendaftaran Program Mudik Gratis Jateng telah dibuka resmi untuk warga Jawa Tengah yang tinggal di wilayah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Perantau dapat mendaftar dengan mengakses link pendaftaran mudik gratis dan mengikuti syarat dan ketentuannya.

Mulai hari ini, Senin 13 Maret 2023, para perantau dapat mendaftar secara online untuk mengikuti pendaftaran Mudik Gratis Jateng melalui link yang tersedia.

Meskipun demikian, terdapat persyaratan khusus yang harus dipenuhi oleh perantau yang ingin bergabung, salah satunya adalah menunjukkan KTP yang mencantumkan domisili di wilayah Jawa Tengah.

Namun, ada juga batasan bagi mereka yang ingin kembali ke kampung halaman secara gratis.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah telah menetapkan batasan maksimal empat orang dalam satu keluarga yang dapat mengikuti program ini.

Untuk mendaftar program Mudik Gratis Jateng, silakan akses link yang tersedia. Peserta yang terpilih akan diberangkatkan dari Museum Purna Bhakti Pertiwi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta Timur pada Senin, 17 April 2023.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan bus untuk mengantar peserta Mudik Gratis Jateng ke berbagai wilayah di Jawa Tengah, termasuk Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Boyolali, Sragen, dan Karanganyar. Selain itu, bus juga akan menuju wilayah Soloraya, Banyumas, Kedu, Pati, dan Pekalongan, serta Semarang.

Selain menyediakan program Mudik Gratis Jateng, pemerintah juga menyiapkan bus untuk membantu para perantau Jawa Tengah kembali ke kota tempat mereka merantau setelah merayakan Lebaran 2023 di kampung halaman.

Terdapat beberapa titik keberangkatan, yaitu Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk wilayah Soloraya, Terminal Mangkang untuk wilayah Semarang dan sekitarnya, serta Terminal Bulupitu untuk wilayah Purwokerto.

Jika peserta tidak terpilih untuk mengikuti program Mudik Gratis Jateng, mereka dapat menggunakan angkutan kereta api. Sedangkan untuk program Mudik Gratis Jateng dengan penggunaan kereta api, pendaftarannya baru akan dibuka pada Senin, 27 Maret 2023.

Untuk Mudik Gratis Jateng menggunakan kereta api, linknya sama dengan menggunakan bus.

Syarat yang harus dipenuhi oleh perantau juga sama, yaitu harus mengunggah bukti KTP domisili di Jawa Tengah.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan