Produk UMKM Rancasari Mampu Menembus Pasar Internasional

BANDUNG – Kecamatan Rancasari nyatanya serius dalam hal memajukan produk lokal hasil kreasi warganya. e-Katalog merupakan wadah yang disediakan khusus oleh kecamatan rancasari, bagi para pelaku UMKM yang ingin memasarkan produk kepada khalayak luas.

Camat Rancasari Hamdani menuturkan, selain memfasilitasi para pelaku UMKM. e-Katalog merupakan sarana bagi masyarakat umum, yang ingin mengetahui jenis usaha apa saja yang ada di Kecamatan Rancasari. Sehingga hubungan timbal balik produsen konsumen, bisa tersaji ke dalam program ini.

“Jadi di kita itu ada namanya e-Katalog, disitu isinya para pelaku UMKM di Rancasari. Jadi ini juga bisa memudahkan masyarakat yang ingin tahu tentang jenis UMKM apa saja yang ada di sini.  Dari mulai fashion, kuliner, dan ekonomi kreatif (ekraf) ada disitu,” ujar Hamdani kepada Jabar Ekspres.

e-Katalog sendiri merupakan inovasi yang di buat khusus oleh Kecamatan Rancasari, sebagai penyedia fasilitas bagi para pelaku usaha. Kini total terdapat 600 jenis usaha yang terdaftar di Kecamatan Rancasari.

Selain program tersebut, dalam upaya mempertahankan usaha yang ada di daerah Rancasari. Hamdani mewadahi para pelaku UMKM, lewat komunitas khusus yang bernama Pengurus UMKM Rancasari Madani. Nantinya hal ini diharapkan bisa memberikan pelatihan terkait cara pemasaran, pengadaan bahan baku, sampai tingkat produksi.

“Jadi kita fasilitasi juga para UMKM ini. dari segi pelatihan, kita bekerja sama dengan para ahli di bidangnya. Terkait pengadaan bahan baku, produksi, packaging, sama pemasaran dan seterusnya,” paparnya.

 

Pembagian UMKM

 

Hamdani menjelaskan terdapat tiga bidang yang masuk kedalam pengurusan ini. Yaitu Divisi Wirausaha Baru, Divisi Working Space, dan Divisi Center. Ketiga divisi ini merupakan pemetaan yang di lakukan Kecamatan Rancasari bagi para pelaku usaha.

“Jadi tiga divisi ini mewadahi, dari tingkat pemula, kemudian yang berkembang di working space nya, hingga UMKM yang sudah memiliki legal aspek. Hal ini agar UMKM disini bisa menjangkau market dari regional, nasional, hingga internasional,” katanya.

Perlu diketahui, e-Katalog merupakan inovasi yang hanya berada di kecamatan rancasari. Lewat program ini, kini produk hasil binaan UMKM Kecamatan Rancasari sudah menembus pasar internasional. Malaysia, Brunei Darussalam, Vietnam, Thailand, dan New Zealand adalah kelima negara yang sudah ditembus oleh usaha Rancasari. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan