Kapan Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa, Simak Jadwalnya di Sini

JABAR EKSPRES – Menentukan awal Puasa Ramadhan tidak bisa sembarangan, harus ada pertemuan yang  bernama Sidang Isbat dari lembaga resmi.

Penentuan tersebut harus berdasarkan hasil pengamatan bulan dari  beberapa titik lokasi. Termasuk dengan menggunakan satelit yang mengorbit bumi.

Sidang Isbat, merupakan rangkaian kegiatan yang berawal  dengan pengamatan terhadap posisi bulan.

Dari hasil pengamatan di masing-masing titik di lokasi tersebut, nantinya akan di laporkan  berapa derajat ketinggian bulan kepada pimpinan Sidang Isbat.

Selanjutnya, pembahasan  berlanjut apakah ketinggian tersebut sudah memenuhi syarat masuknya ke bulan baru atau belum.

Karenanya pelaksanaan sidang isbat melibatkan banyak orang, karena harus benar-benar tepat dalam memutuskan perkara yang sangat penting.

Lalu kapan pelaksanaan Sidang Isbat akan terselenggara, untuk penentuan awal Puasa Ramadhan 1444 Hijriah tahun ini.

Dilansir dari disway.id, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib, menyebut, untuk tahun ini, pelaksanaan sidang isbat akan  seperti biasanya.

Adib juga mengatakan, rangkaian sidang isbat awal Ramadhan 2023 masih  secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring.

Selain melibatkan Tim Hisab Rukyat Kemenag, juga akan mengundang duta besar negara sahabat, Komisi VIII DPR RI, pimpinan MUI, perwakilan dari organisasi kemasyarakatan (ormas) Islam, dan lainnya.

“Seperti biasa, Sidang Isbat Awal Ramadhan akan kita laksanakan setiap 29 Sya’ban. Tahun ini, bertepatan dengan hari Rabu, 22 Maret 2023,” ungkap Adib, dalam keterangan resmi yang unggah di website resmi Kemenag.

Hal ini selain untuk memberikan akses informasi yang cepat dan kredibel, juga  dapat menjadi sarana silaturahmi dan efektif dalam memberikan peran langsung terhadap masyarakat luas.

Dengan demikian, ada himbauan kepada masyaratak agar bisa bersabar dan tidak terburu-buru dalam menentukan kapan akan mulai puasa Ramadhan.

Karena harus menunggu hasil pembahasan dari pelaksanaan sidang isbat, yang akan dilaksanakan pada 22 Maret 2023 mendatang. (dis)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan