Bjorka Kembali Berulah, Putra Aji Adhari Sempat Singgung Soal Black Hat Hacker

JABAR EKSPRES – Hacker Bjorka kembali berulah dengan mengaku bahwa dirinya telah membocorkan 19 juta dat pengguna BPJS Ketenagakerjaan.

Nama sang hacker, Bjorka tersebut kini kembali trending lantaran berulah dengan mengklaim dirinya selain membocorkan data pengguna BPJS Ketenagakerjaan juga menjualnya seharga 10 juta dolar AS atau sekira Rp15 juta.

Mengutip situs forum Breach Forums, hacker Bjorka mengklaim bahwa dirinya telah membocorkan data pengguna BPJS Ketenangakerjaan di antaranya yakni identitas pengguna seperti nama lengkap, Nomor Induk Kependudukan atau NIK, email, nomor telepon, hingga alamat rumah.

BACA JUGA: Bjorka Kembali Gegerkan Jagat Maya, Sang Hacker Akui Bocorkan Data Pengguna BPJS Ketenagakerjaan

Ulah hacker Bjorka tersebut mendapat beragam reaksi netizen yang juga merasa khawatir dan terancam keamanannya terkait data privasi mereka.

Seperti diketahui bahwa hal seperti ini bukan kali pertama terjadi di Indonesia, bahkan snag peretas pernah mengaku membocorkan sejumlah data pemerintah.

Meskipun demikian, disebut-sebut bahwa hacker Bjorka yang hingga saat ini belum diketahui identitasnya tersebut diyakini tidak ada unsur kepentingan politik. Namun, hal itu belum bernar-benar terungap.

Kemunculan sang peretas juga menjadi sorotan sejumlah pihak termasuk Putra Aji Adhari yang merupakan Warga Negara Indonesia atau WNI yang pernah berhasil membobol situs NASA atau Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat beberapa waktu lalu.

Melalui Podcast di akanl YouTube Denny Sumargo, Putra Aji Adhari menyebutkan bahwa Bjorka merupakan peretas atau hacker yang telah melanggar keamanan dan memicu keresahan publik.

Tidak hanya itu, Putra Aji Adhari menyebutkan sosok misterius itu sebagai black hat hacker yang memiliki niat jahat.

“Tentunya, (Bjorka) lebih ke black hat hacker. Dia lebih bener-bener aktivitasnya tuh jahat banget,” kata Putra Aji Adhari, dikutip JabarEkspres.com dari YouTube Denny Sumargo pada Selasa, 14 Maret 20223.

Lebih lanjut ia membeberkan kegiatan sang hacker yang menggegerkan netizen di jagat maya.

“Dia (Bjorka) mencuri data, terus membocorkan data. Macem-macem sih,” katanya.

Selain Putra Aji Adhari, Rio yang merupakan seniornya juga turut memberi tanggapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan