Kreasi Diorama Warga Antapani, Dari Bahan Sederhana tapi Bernilai Jual Tinggi

BANDUNG – Pandemi Covid – 19 tidak sedikit membuat orang untuk lebih kreatif. Salah satunya Hendri, warga Jalan Kawali, Kecamatan Antapani. Ia mampu memproduksi diorama bernilai jual tinggi.

Hendri menceritakan, ia mulai menggeluti benda miniatur tiga dimensi itu sejak 2021 lalu. “Ya saat itu lagi ramai covid,” katanya kepada Jabar Ekspres.

Hendri menguraikan, dinamika Pandemi Covid – 19 kala itu memaksanya untuk berhenti dari pekerjaan dan menetap dirumah. Karena tidak ada kegiatan, ia pun kemudian mencoba aktivitas menarik yang bisa dilakukan dirumah. Dan membuat dioramalah yang jadi pilihan. “Jadi dari pada tidak ada kegiatan dirumah, saya utak atik beberapa barang dan buat diorama ini,” cetusnya.

Barang kreatif yang dibuat Hendri kebanyakan adalah untuk melengkapi sebuah cerita. Inspirasinya dari mainan action figur, diecast hot wheels, rumah hamster, hiasan aquarium dan mainan anak lainnya.

Contohnya, ketika ada mainan mobil – mobilan rusak, Hendri membuat barang unik itu menyerupai bengkel mobil. Lalu ketika ada mainan motor trail, ia membuat diorama untuk arena balapnya. Termasuk diorama rumah lengkap untuk garasi mainan – mobil mobilan.

Diorama yang dibuat cukup unik dengan memanfaatkan sejumlah barang bekas dan barang – barang sederhana yang mudah didapat. Seperti kardus, sumpit, semen, hingga batu alam. “Pembuatannya antara 3 – 7 hari. Tergantung bentuk,” ucap Hendri.

Menurut Hendri, yang paling sulit dalam membuat diorama itu adalah menemukan inspirasi. Sementara kalau dari pengerjaan cenderung cepat. Hanya sedikit butuh waktu untuk menunggu semen yang jadi alas diorama kering. Hal itu juga diwarna agar lebih mirip dengan kehidupan aslinya.

Sampai saat ini hasil produksnya sudah ada 25 model diorama tercipta dari tangan Hendri. Bahkan tidak sedikit dari dioramanya diminati orang untuk dibeli.

Hendri mematok harganya di kisaran Rp 100 – 700 ribu. Tergantung dari ukuran dan kerumitan pembuatan.

Meliat antusias masyarakat terhadap diorama hasil kreasinya, Hendri pun kini membuka pesanan pembuatan diorama. “Jadi bisa pesan sesuai selera,” pungkasnya. (mg4)

Tinggalkan Balasan