Ramadhan, Bulan Dikabulkannya Doa, Mari Siapkan Diri Menuju Bulan Suci

JABAR EKSPRES – Bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan paling istimewa bagi umat islam. Itu sebabnya bulan tersebut disebut sebagai bulan Suci.

Kesucian bulan Ramadhan karena banyaknya keutamaan yang ada dalam bulan tersebut. Bahkan dianjurkan melakukan banyak amalan karena bila dilakukan dibulan itu, pahala kita akan dipatgandakan.

Banyak amalan khusus yang bisa dilakukan di bulan tersebut, seperti puasa wajib, sholat sunnah taraweh, i”tikaf di masjid, Malam Lailatul Qodar dan banyak lagi.

Bukan hanya tentang pahala, Ada dalil yang menyebutkan bahwa dengan memperbanyak berdoa di bulan Ramadhan, maka Allah akan kabulkan. Dengan demikian, Bulan Ramadhan merupakan waktu yang mustajab untuk dikabulkannya doa-doa.

Dilansir dari Forum Cahaya Sunah, ada Hadist yang menguatkan hal tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِنَّ لِلّهِ فِى كُلِّ يَوْمٍ عِتْقَاءَ مِنَ النَّارِ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ ,وَإِنَّ لِكُلِّ مُسْلِمٍ دَعْوَةً يَدْعُوْ بِهَا فَيَسْتَجِيْبُ لَهُ

”Sesungguhnya Allah membebaskan beberapa orang dari api neraka pada setiap hari di bulan Ramadhan,dan setiap muslim apabila dia memanjatkan do’a maka pasti dikabulkan.” (HR. Al Bazaar, dari Jabir bin ‘Abdillah).

(Al Haitsami dalam Majma’ Az Zawaid (10/149) mengatakan bahwa perowinya tsiqoh (terpercaya). Lihat Jaami’ul Ahadits, 9/224)

Dengan hadist tersebut, sudah menjadi bukti bahwa Ramadhan merupakan bulan dikabulkannya doa, dan dibebaskannya manusia pilihan dari api neraka.

Pastilah kita ingin menjadi salah satu manusia yang dibebaskan dari api neraka dan dikabulkan semua doa-doanya oleh Allah SWT.

Karenannya kita harus mempersiapkan kedatangan bulan suci Ramadhan, agar hati dan segala perbuatan kita bersih dan siap menjalankan segala ibadah di bulan suci Ramadhan.

Karena manusia yang berdoa saat menjalankan ibadah puasa, disebutkan bahwa doanya tidak akan tertolak, atau pasti dikabulkan.

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda,

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang do’anya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizholimi”.
(HR. At Tirmidzi no. 3598. Tirmidzi mengatakan bahwa hadits ini hasan)

An Nawawi rahimahullah juga mengatakan :

“Disunnahkan bagi orang yang berpuasa ketika ia dalam keadaan berpuasa untuk berdo’a demi keperluan akhirat dan dunianya, juga pada perkara yang ia sukai serta jangan lupa pula untuk mendoakan kaum muslimin lainnya.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan