Lembah Tangga 101 sebagai Ruang Publik dan Destinasi Wisata Kota Bandung

BANDUNG – Ini adalah ruang publik  baru yang ada di Kota Bandung. Namanya Lembah Tangga 101 jadi tempat wisata baru yang Instagramable. Berlokasi di Kelurahan Cisurupan, Cibiru dengan luas lahan sekira 1 hektar. Selain sebagai tempat wisata, Lembah Tangga 101 juga sebagai lahan konservasi untuk mencegah banjir.  Di tempat ini juga merupakan salah satu upaya pemkot Bandung  berkolaborasi bersama sektor  22 Citarum Harum dan Persada (Persaudaraan) Akaabri.

Sebagai mana  tentang Ruang terbuka hijau publik, adalah RTH yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah kota/kabupaten yang digunakan untuk kepentingan masyarakat secara umum. Menurut Perda Kota Bandung nomor 10 tahun 2015 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturann Zonasi Kota Bandung tahun 2015-2035.

Dan dicantumkan juga di pasal 192  Sub zona RTH  Taman Lingkungan Sebagaimana dimaksud pada ayat (1) seluas kurang lebih 7,97 ( Tujuh koma Sembilan tujuh hektar sebaran yaitu dicantumkan pada  bagian h Blok Cisurupan termasuk RTH yang dilindungi.

Selain  menjadi RTH tetapi tempat ini dijadikan juga sebagai tempat wisata, Lembah Tangga 101 di Bandung juga berfungsi sebagai tempat parkir air hujan. Karena awalnya, kawasan ini dibangun Pemkot Bandung sebagai daerah resapan.

Dikutip dari keterangan laman resmi Humas Kota Bandung, Plt. Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan Lembah Tangga 101 sebagai tempat wisata pada Rabu, 26 Januari 2022. Untuk sampai ke dasar lembah, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga yang dibuat warna-warni sehingga lebih menarik dan Instagramable.

Teknik memarkir air di kawasan ini yang dilakukan Pemkot Bandung akan menampung kelebihan air saat musim hujan sehingga diharapkan mampu cegah banjir.Nantinya, kelebihan air yang tertampung tersebut bisa menjadi sumber cadangan air saat musim kemarau.

Tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi tempat wisata ini. Karenanya, Lembah Tangga 101 ini menjadi salah satu wisata gratis yang bisa jadi pilihan untuk menghabiskan waktu libur.Di lokasi ini sudah di bangun beberapa fasilitas seperti tempat parkir, toilet dan juga kursi lengkap dengan mejanya.

Para pengunjung bisa menikmati   tempat  yang di desain khusus untuk menikmati view gunung Manglayang  dengan menghirup udara segar  dengan bentuk tempat menyerupai segitiga cocok untuk sekedar bercengkramadengan teman dan keluarga.  Kalian juga bisa mengabadikan momen dengan berfoto ria dengan view Gunung manglayang .

Tinggalkan Balasan