Amalan Malam Nisfu Syaban dan Keistimewaannya! No 6 Masya Allah

JABAR EKSPRES- Malam Nisfu Syaban adalah malam pada pertengahan bulan Syaban atau malam tanggal 15 Syaban. Malam Nisfu Syaban pada tahun ini jatuh pada Selasa, 7 Maret 2023 hingga Rabu, 8 Maret 2023.

Istilah “Nisfu Syaban” diambil dari kata “Nisfu” yang berarti pertengahan dan “Syaban” yang merupakan nama bulan dalam kalender Islam.

Ada beberapa amalan yang dapat dilakukan pada malam Nisfu Syaban. Pertama, membaca Surat Yasin tiga kali dengan tujuan memperoleh umur panjang dalam keadaan taat dan patuh pada Allah, menolak bala seumur hidup, serta meminta kekayaan dan kecukupan selama hidup. Selain itu, Muslim juga dapat membaca surat lain dari Al-Quran.

Kedua, memperbanyak doa. Anjuran ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Abu Bakar bahwa Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Allah SWT akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan).

Ketiga, membaca doa di malam ini. Muslim dianjurkan membaca doa sebanyak mungkin pada malam Nisfu Syaban, seperti yang tertera dalam Kitab Maslakul Akyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya. Yang berbunyi:

Allahumma ya dzal manni wa la yumannu ‘alaik, ya dzal jalali wal ikram, ya dzat thawli wal in’am, la ilaha illa anta zhahral lajin wa jaral mustajirin wa ma’manal kha’ifin.

Allahumma in kunta katabtani ‘indaka fî ummil kitabi syaqiyyan aw mahruman aw muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhullahumma fî ummil kitabi syaqawati wa hirmani waqtitara rizqi, waktubni ‘indaka sa’idan marzuqan muwaffaqan lil khairat.

Fa innaka qulta wa qawlukal haqqu fî kitâbikal munzal ‘alâ lisâni nabiyyikal mursal, “yamhullâhu mâ yasyâ’u wa yutsbitu, wa ‘indahû ummul kitâb” wa shallallâhu ‘alâ sayyidinâ muhammad wa alâ âlihî wa shahbihî wa sallama, walhamdu lillâhi rabbil ‘alamîn.

Artinya: Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada Tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan