Kabar Baik untuk UMKM! KUR BRI 2023 Dibuka! Pencairan Lebih Cepat

JABAR EKSPRES- Mulai hari ini, program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI 2023 akan dibuka dan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bisa langsung memberikan pengajuan peminjaman uang.

Program KUR BRI 2023 memberikan akses pembiayaan yang sangat dinantikan oleh pelaku UMKM yang memenuhi syarat untuk mengajukan pinjaman guna meningkatkan usahanya.

Meskipun ada beberapa perbedaan syarat Kredit Usaha Rakyat BRI 2023 dengan pinjaman KUR BRI sebelumnya, namun perbedaan tersebut tidaklah signifikan dan pengajuan syarat KUR BRI 2023 dapat dilakukan secara menyeluruh bagi pelaku usaha yang memenuhi persyaratan.

Program Kredit Usaha Rakyat BRI 2023 adalah program pinjaman yang dimiliki oleh bank BRI, salah satu bank milik pemerintah, yang memberikan kredit modal kerja atau kredit investasi dengan limit batas atas kredit sebesar Rp500 juta.

ara pemilik usaha mikro, kecil, dan koperasi dengan bisnis produktif dapat mengajukan Kredit Usaha Rakyat BRI 2023.

Pengajuan KUR BRI 2023 dapat dilakukan pada tanggal 6 Maret 2023. Proses pencairan Kredit Usaha Rakyat BRI tahun ini akan lebih cepat, bahkan tidak lebih dari 5 hari kerja, dan jika proses pencairan berlangsung lebih dari seminggu sudah terlalu lama.

Ada beberapa perbedaan syarat KUR BRI 2023, seperti suku bunga yang diberikan. Suku bunga KUR pada tahun sebelumnya memiliki besaran yang flat yakni 6 persen.

Namun, untuk KUR BRI 2023 kali ini, suku bunga pinjaman dibuat dengan graduasi pada nilai, seperti misalnya untuk KUR super mikro dengan pinjaman di bawah Rp10 juta, suku bunga yang ditawarkan sebesar 3 persen.

Untuk program KUR mikro dan kecil dengan total pinjaman Rp10 juta ke atas, suku bunga yang ditawarkan tergantung dengan frekuensi peminjaman.

Terkait administrasi, syarat Kredit Usaha Rakyat BRI 2023 masih membutuhkan legalitas surat keterangan usaha atau Nomor Induk Berusaha, dan ada ketentuan lain untuk pengajuan KUR, yaitu memiliki BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan guna memberikan perlindungan lebih terhadap resiko yang mungkin timbul.

Bagi pekerja yang meminjam di atas Rp100 juta, BPJS tersebut dapat memberikan perlindungan yang lebih baik.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan