Bantu Pasukan Kuning Sapu Jalanan di 64 Titik, Wali Kota Bogor Turunkan Ratusan ASN

Jabarekspres.com –Wali Kota Bogor Bima Arya menurunkan ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk membantu pasukan kuning dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Bima Arya memerintahkan jajarannya untuk menggantikan 370 petugas kebersihan yang setiap pagi hari berjibaku menyapu bersih jalanan protokol di Kota Bogor.

Tercatat sekiranya 853 personil ASN yang terlibat dalam kegiatan itu disebar di 64 titik.

”Pagi ini kita lanjutkan ikhtiar kita dengan memberikan apresiasi kepada petugas kebersihan sekaligus semakin berkomitmen menambah tunjangan dan kesejahteraan bagi petugas kebersihan,” katanya,usai menggelar apel di Plaza Balai Kota Bogor, Senin, 6 Maret 2023.

Dia menyebut, selain itu, gerakan bebersih jalanan tersebut juga menjadi salah satu bentuk ikhtiar mempertahankan piala Adipura yang belum lama ini diraih Kota Bogor.

Menurutnya, ada dua hal yang perlu dijalankan, pertama sistem pengelolaan sampah dari hulu sampai hilir dan kedua adalah menanamkan kultur serta eduaksi kepada masyarakat dalam menjaga kebersihan.

”Iktiar kami tidak akan berhenti, Adipura justru memberikan kami motivasi untuk membangun dua hal itu,” sebutnya.

”Tujuan kegiatan ini juga untuk memberikan apresiasi kepada pasukan kuning berupa istirahat selama satu hari dari rutinitas bebersih kota digantikan dengan ASN bebersih,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor, Elia Buntang mengatakan, kegiatan membantu petugas kebersihan sudah sewajarnya dilakukan sebagai bentuk apresiasi kepada para petugas kebersihan.

Apalgi para petugas tersebut sudah berkontribusi besar atas penghargaan Piala Adipura.

”Kami menyapu jalan dari pukul 05.00 WIB di mulai di  Jalan Mawar sampai ke Bumi Menteng Asri dengan menurunkan 45 staf Disnakertrans Kota Bogor,” paparnya.

Sebagai mantan kepala DLH Kota Bogor, dirinya berharap kegiatan itu dapat berkelanjutan, agar memberi contoh kepada seluruh warga.

”Harapannya warga dapat mengambil peran untuk menjaga kebersihan lingkungan,” katanya.

Dia pun menyayangkan jika saat ini dibersihkan namun esok harinya kembali lupa dan masih membuang sampah sembarangan.

Tak hanya itu, lanjutnya, hal penting lainnya yakni melakukan pemilahan sampah di rumah tangga sembari terus mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan.

Tinggalkan Balasan