Sinergi Bagi Negeri, DAM Jalin Kerjasama Dengan SMKN 4 Tasikmalaya Terapkan KTBSM Astra Honda

JABAR EKSPRES – Sejalan dengan upaya pemerintah mencerdaskan anak bangsa melalui pendidikan vokasi industri, PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku Main Dealer Sepeda Motor dan Suku Cadang Honda di Jawa Barat meresmikan kerjasama dengan SMK Negeri 4 Tasikmalaya yang mengimplementasikan Kurikulum Teknik & Bisnis Sepeda Motor (KTBSM) Astra Honda sekaligus diangkat sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) versi Astra Honda Motor.

Peresmian ini dilaksanakan di SMKN 4 Tasikmalaya pada 2 Maret 2023 dengan dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah XII Tasikmalaya, Kepala Sekolah SMKN 4 Tasikmalaya, serta perwakilan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) dan DAM. Bergabungnya SMKN 4 Tasikmalaya menambah jumlah SMK yang bekerjasama dengan PT DAM yang kini menjadi 133 SMK Binaan Astra Honda.

General Manager Technical Service DAM, Denny Budiman mengatakan, peresmian dan penandatanganan MoU kerjasama KTBSM Astra Honda merupakan bentuk kontribusi dalam upaya mendukung program pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan dengan  sistem link and match melalui sinkronisasi kurikulum bersama SMK jurusan teknik sepeda motor dengan kebutuhan dunia kerja.

“Kerjasama ini merupakan komitmen sinergi bagi negeri di dalam dunia pendidikan untuk terus memperkuat sinergi bersama seluruh jaringan bisnis dan masyarakat. DAM bersama AHM terus berupaya menghadirkan sinergi positif bagi negeri dengan terus berkontribusi secara nyata melalui beragam aktivitas,” ujar Denny.

Berbagai program dilakukan antara DAM dengan SMKN 4 Tasikmalaya yaitu pengembangan Laboratorium SMK KTBSM Astra Honda, 1 Set Special Tools Honda, Buku Pedoman Reparasi dan Parts Catalog Honda, Modul Ajar Semester 1- 6 dan satu unit sepeda motor matic pemberian PT AHM sebagai sarana praktik kegiatan sekolah.

Kerjasama antara SMK dengan Honda tidak hanya berupa kurikulum teknik sepeda motor Honda, namun juga berbagai kegiatan dilakukan untuk meningkatkan keahlian siswa dan guru. Seperti uji kompetensi guru dan seminar teknologi, selain itu SMK yang sudah bersertifikat TUK dapat melakukan uji kompetensi secara mandiri.

Secara reguler, untuk meningkatkan dan mengasah skill siswa SMK, DAM mengadakan kompetisi mechanic skill for student tingkat Jawa Barat yang akan mewakili Jawa Barat di ajang Mechanic Skill Contest for Student yang diselenggarakan oleh AHM setiap tahunnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan