Rencanakan Pernikahan Impianmu dengan Lebih Mudah: Ikuti Tips-tips Berikut!

Souvenir

Souvenir memang bukanlah hal yang wajib ada di dalam acara pernikahan. Akan tetapi jika Anda ingin menyediakannya, Anda tentu harus menyediakan budgetnya. Pastikan pilihan souvenir yang Anda pilih masuk ke dalam dana yang Anda miliki.

Baju, gaun, dan jas pengantin

Baju, gaun, dan jas pengantin biasanya harganya mahal. Pastikan kebutuhan Anda yang satu ini juga masuk ke dalam budget total yang Anda miliki. Jika dananya terbatas, Anda tidak harus membuatnya secara khusus, pilihan menyewanya saja bisa Anda pertimbangkan. Pastinya hal ini bisa memangkas budget untuk baju, gaun, dan jas pengantin.

Rias pengantin

Rias pengantin konon merupakan hal penting saat menikah. Sebab adakalanya pernikahan dinilai bagus jika make up yang pengantin perempuannya bagus. Untuk hal ini, Anda tidak harus menggunakan jasa make up artist (MUA) yang mahal dan terkenal. Memilih yang biasa saja, atau bahkan saudara dan teman bisa dilakukan. Tapi pastikan, kemampuan mereka dalam merias pengantin sudah tidak diragukan lagi.

Fotografi dan videografi

Hal yang satu ini juga penting. Tentu karena fotografi dan videografi merupakan salah satu cara mengabadikan momen berharga di hidup Anda. Karenanya, pilih yang berkualitas. Namun juga tak mesti yang mahal. Untuk menghemat biaya, Anda bisa memilih paket dari vendor yang sama.

Music dan hiburan lain

Hal terakhir yang mungkin wajib ada dalam pernikahan adalah musik dan hiburan. Nah untuk yang satu ini juga Anda bisa mencari vendor yang harganya pas ke dalam budget Anda.

  1. Mengalokasikan Budget Pernikahan

Setelah Anda membuat list kebutuhan, hal berikutnya yang dilakukan tentu adalah mengalokasikan budget tersebut. Sebagai tipsnya, alokasikan budget tersebut dimulai dari yang paling prioritas terlebih dahulu. Misalnya katering, venue, atau yang lainnya yang sifatnya urgent dan tidak ada alternatif cadangannya.

  1. Merencanakan Biaya Pernikahan

Jika Anda belum memiliki dana untuk pernikahan Anda, dan Anda baru sebatas merencanakannya saja, atau dananya baru ada sebagiannya saja, langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan dananya secara utuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan