Protes Jalan Rusak, Warga Kampung Cisarongge KBB Mancing di Kubangan

Jabarekspres.com – Warga Kampung Cisarongge, Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB), menggelar aksi mancing bersama di tengah jalan yang rusak, Senin (27/2).

Mereka sengaja mancing di kubangan air yang ada di jalan tersebut sebagai bentuk protes kepada Pemda KBB.

Mereka kesal karena jalan Cisarongge dibiarkan rusak bertahun-tahun sampai membentuk seperti kolam setiap diguyur hujan

”Aksi mancing ini sengaja kami lakukan agar protes kami didengar dan jalan yang rusak ini segera mendapat perbaikan,” kata Muslih,42, warga setempat kepada wartawan, Senin (27/2).

Muslih menyesalkan prilaku Pemda KBB yang memilih menutup telinga. Pemkab dinilai tak menggubris permintaan perbaikan jalan dari warga.

”Dari Agustus 2022 warga sudah sering diajak rapat, pengukuran jalan malah sudah empat kali dilakukan. Tapi, tidak juga diperbaiki,” terang Muslih.

Menurutnya, selama ini warga selalu dibuat menunggu atas janji-janji perbaikan jalan.

”Namun, hingga kondisi jalan dari hari ke hari makin rusak, tak ada juga perbaikan,” ujarnya.

Terdapat empat kubangan berukuran besar yang menutup badan jalan. Bahkan, warga kerap menyaksikan kecelakaan tunggal akibat pengendara masuk ke dalam kubangan itu.

”Kecelakaan selalu saja ada setiap hari kerja. Ada yang jatuh, ada yang terperosok, ada yang tergelincir. Satu Minggu ada tiga sampai empat kecelakaan,” kata Junjun,45, warga lainnya.

Selama bertahun-tahun jalan rusak tersebut, warga setempat swadaya melakukan perbaikan jalan.

Salah satunya dengan menguruk kubangan menggunakan material sisa bangunan.

Akan tetapi, upaya itu dirasa hanya memperburuk kondisi, sehingga jalan makin buruk seusai diguyur hujan. Apalagi disekitar jalan tak ada selokan atau drainase.

”Kami berharap pak bupati turun langsung melihat kondisi jalan yang sudah tidak layak dilewati. Kami minta dicor aja buat Jalan Cisarongge ini,” tutupnya. (mal)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan