Hujan Angin Tumbangkan Pohon Setinggi 15 Meter di Kantor Bupati Bandung Barat

Jabarekspres.com – Hujan deras disertai angin kencang terjadi pada Senin (27/2) dini hari hingga pagi mengakibatkan sebuah pohon setinggi lebih dari 15 meter di kantor Bupati Bandung Barat tumbang.

Beruntung kejadian itu tidak menimbulkan korban jiwa atau kerugian materi. Sebab, saat pohon tumbang belum ada aktivitas pegawai.

Padahal, di lokasi pohon tumbang itu biasanya digunakan untuk area parkir kendaraan ASN Pemkab Bandung Barat.

Pohon tumbang yang merusak pagar besi pembatas itu berdiameter sekitar 50 sentimeter itu diduga akarnya tidak kuat menahan kencangnya hembusan angin.

Gabungan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB, Satpol PP, DLH KBB, dibantu ASN kemudian berupaya membersihkan serta menyingkirkan material pohon itu. Agar aktivitas pegawai serta kendaraan tidak terganggu.

”Pohon tumbang itu terjadi sekitar pukul 05.00 WIB, jadi gak ada kerugian materi yang besar karena belum ada aktivitas ASN,” jelas Kepala BPBD KBB Jarot Prasetyo.

Menurutnya, penyebab pohon tumbang tersebut lantaran cuaca ekstrem hujan serta angin kencang yang terjadi dalam beberapa hari terakhir.

Pihaknya langsung melakukan penanganan serta mitigasi di sekitar lokasi pohon tumbang itu. ”Kami lakukan mitigasi dan menebang dua pohon yang rawan tumbang,” terangnya

Petugas lapangan BPBD BAndung Barat Heri Suheri juga menyebutkan, proses evakuasi batang serta ranting pohon yang tumbang sempat terkendala dengan alat gergaji pemotong.

”Proses evakuasi material pohon tumbang itu berlangsung sekitar dua jam. Sekarang lokasinya sudah bersih dan ASN kembali beraktivitas seperti biasa,” tutupnya. (mal)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan