Ubah Birokrasi Kaku dan Lamban, Ketua DPRD Cimahi Minta ASN Bekerja Profesional

Jabarekspres.com  – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Achmad Zulkarnain meminta Aparatus Sipil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi bekerja secara professional.

Hal itu diungkapkan Achmad Zulakarnain kepada wartawan, Jumat (24/2). Menurut pria yang kerap disapa Azul, era digitalisasi mengubah wajah lama birokrasi yang kaku dan lambat menjadi birokrasi yang modern dan kompetensi.

”ASN harus bisa mereformasi terus menyesuaikan dengan perkembangan zaman,” ujarnya.

Dia mengatakan, pelayanan di era digital ini harus bisa menjawab harapan masyarakat. Sehingga, ASN-nya pun harus professional dengan mengikuti zaman modern yang serba digital sekarang ini.

”Saat ini Badan pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) daerah sudah menerapkan sistem informasi ASN-nya dengan digital,” katanya.

Sehingga, lanjutnya, sudah menjadi tuntutan yang tidak bisa dihindari oleh ASN untuk menyesuaikan dengan zaman yang sudah bertranformasi, segalanya serba digital.

”Jadi yang perlu adalah kesiapan budaya kita untuk bisa kompetibel dengan transformasi digital tersebut,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, dengan transformasi ini maka konsekuensinya adalah sistem reformasi yang susah untuk berubah mau tidak mau harus dilakukan.

”Sekarang semuanya harus ke arah sana. Sebab, semua sisitem informasi pemerintah, semua jenis pelayanan sudah sistem informasi,” jelasnya.

Oleh karena itu lah semua harus benar-benar disiapkan. Baik mental atau juga budaya yang konsisten menjalankan karir sebagai ASN

”Karena setiap yang kita lakukan nanti diinput,” ucapnya.

Azul mengaku, sejauh ini semua sudah masuk sistem informasi. Sehingga sebagai ASN tinggal mengerjakan tugasnya secara professional. Dia pun berharap, dengan sistem informasi ini ASN bisa bekerja dengan baik lagi.

”Harapan kami dari DPRD tentu BPSDMD ini terus menerapkan sistem informasi ini dengan sebaik-baiknya,” terang Azul.

Dia pun berpesan agar ASN bisa juga menempatkan pekerjaan sesuai dengan tufoksinya. ”Saya pikir pekerjaan disana dari laporan temen ASN memang cukup berat. Dibutuhkan juga tenaga kerja ASN yang lebih baik lagi,” pungkasnya. (mg5/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan