Jadilah Generasi Al-Amin yang Diharapkan Agama dan Negara

JABAR EKSPRES- Ironis sekali ketika generasi yang bisa kita lihat sekarang adalah generasi yang sangat lemah, lemah dalam berfikir, lemah dalam wawasan, dan juga lemah dalam spititual. Padahal tidak ada lagi yang bisa di harapkan untuk sebuah kemajuan selain dari generasi yang bisa di banggakan.

Dalam posisi kita yang serba terhimpit ini,  sangat membutuhkan sekali yang namanya generasi al-amin. Generasi al amin itu memiliki 5 karakter yang melekat di dalam dirinya, hal-hal itu merupakan senjata laksana anak panah yang patut untuk di harapkan.

Berikut adalah ciri-ciri generasi Al-amin yang di harapkan kehadirannya oleh agama dan negara :

Pertama, mereka memiliki wawasan yang tinggi, seperti Ibnu Abbas yang mendapatkan gelar dari nabi sebagai Habrul Ummah, seorang samudra ilmu bagi umat. Dengan begitu Ibnu Abbas mengajarkan, bahwa dengan kaya wawasan kita akan lebih banyak menimbulkan mamfa’at kepada siapa saja yang ada di dekat kita.

Wawasan bisa di dapat dimana saja, mulai dari apa yang kita lihat, apa yang kita baca, apa yang kita dengar, dan apa yang kita rasakan. Sehingga tidak ada lagi alasan untuk terus mencari wawasan, dan memperkaya diri dengan ilmu intelektual juga spritual.

Kedua, generasi Al-Amin selalu lurus, yang mereka pegang hanya satu jalan, yakni jalan yang menuju pada ridho Alloh, yang mereka pegang hanya satu, yakni Al-Qur’an dan as-sunnah sebagai pedoman. Tidak pernah tergoyahkan oleh pengaruh kanan dan kiri, karena tujuan mereka, visi mereka, dan seluruh hidup mereka hanya pada satu, yakni Alloh semata.

Ketiga, ciri generasi Al-Amin adalah berfikir luas, mereka akan selalu berfikir kedepan untuk mempersiapkan perubahan-perubahan, tidak pernah berlarut dalam penyelasan masa lalu. Yang akan mereka pikirkan hanyalah hal-hal yang besar, yang akan menciptakan perubahan yang besar pula.

Bukan berpikir kecil yang hanya akan menghabiskan waktu dengan begitu saja. Jangan pernah sibuk dengan memikirkan hal-hal yang begitu kecil, karna pikiran mu telah di ciptakan dengan sempurna, maka gunakan untuk hanya memikirkan yang penting-penting saja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan