Kesetiaan Inggit Garnasih Dalam Membantu Perjuangan Soekarno

Perjalanan hidup Inggit Garnasih memang banyak menyimpan cerita mendalam. Bersama Soekarno Inggit Garnasih turut andil dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan. Kesetiaannya sebagai seorang istri sang Proklamator banyak tercatat dalam tulisan-tulisan buku ahli sejarah yang menguak kehidupan Soekarno selama tinggal di Bandung.

Akmal Firmansyah, Kota Bandung

Waktu itu Inggit Garnasih lebih memilih pulang ke Bandung. Dia tidak mau dimadu oleh Soekarno dengan alasan ingin punya keturunan.

Inggit memutuskan berpisah sebagai istri Soekarno dan meminta diantar ke rumah Haji Anda.

Selama Soekarno di penjara kehidupan Inggit serba kekurangan. Ia rela menjual apapun demi memenuhi kebutuhan hidup.

Di salah satu rumah H. Anda, Inggit tinggal. Kemahiran meracik jamu tradisional Inggit membuat bedak Saripohatji dijadikan ladang usaha untuk bertahan hidup. Bedak itu seperti masker wajah yang masih dikenal hingga saat ini.

Selama di Bandung, rekan-rekan Soekarno turut membantu Inggit. Termasuk Mas Mansur yang merupakan teman akrab Soekarno.

Rumah Haji Anda berada di Jl. Lengkong Besar. Rumah H. Anda sangat mewah waktu itu. Haji Anda sahabat dekat Haji Sanusi yang merupakan mantan suami Inggit sebelum dinikahi Soekarno.

Haji Anda merupakan saudagar kaya waktu itu. Usahanya menjual kayu dengan tempat usaha bernama ‘Kencana’.

Haji Anda dan Haji Sanusi  adalah tokoh pergerakan politik di masa itu. Keduanya kerap melakukan pertemuan bersama tokoh politik lainnya seperti Buya Hamka, Mohammad Natshir, hingga Syarifudin Prawiranegara.

Kehidupan Inggit selepas cerai dengan Soekarno berjalan seperti biasanya. Dia akhirnya membeli rumah dan memilih tinggal di kawasan Ciatel yang sekarang dinamakan Jalan Inggit Garnasih yang membentang sepanjang dari Jalan Otto Iskandar Dinata sampai Jalan Lengkong Besar.

Perjalanan hidup Inggit Garnasih memang banyak menyimpan cerita mendalam. Bersama Soekarno Inggit Garnasih turut andil dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan.

Kesetiaannya sebagai seorang istri sang Proklamator banyak tercatat dalam tulisan-tulisan buku ahli sejarah yang menguak kehidupan Soekarno selama tinggal di Bandung.

Kini selama waktu berjalan tepatnya 135 tahun Inggit wafat. Istri kedua dari Soekarno itu ingin diusulkan menjadi Pahlawan nasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan