Intip Ruang Vandal Setelah Sepekan di Resmikan, Ini kata Masyarakat

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung sebelumnya telah meresmikan ruang publik baru, bernama Ruang Vandal Karet Kebo. Pada Rabu (16/2), Jalan Soekarno-Hatta, Kebon Lega, Kota Bandung. Alasan di buatnya tempat ini, guna memfasilitasi dan mengurangi tingkat Vandalisme di Kota Bandung.

Setelah sepekan di resmikan, Ruang Vandal tampak jelas banyaknya hasil kreasi masyarakat, terkait seni grafitti di tempat tersebut. Menurut salah satu masyarakat yang berkunjung, Dani (27). Adanya ini, pastinya bisa membebaskan masyarakat untuk bisa mengekspresikan hasil karyanya lewat lukisan.

“Pastinya sangat membantu untuk warga yang suka corat-coret, terus juga kan mereka gaperlu takut lagi, adanya tempat ini berarti kan mereka bisa bebas menggambar, tanpa melanggar peraturan juga,” ujar Dani kepada Jabar Ekspres.

Selain itu, banyaknya pembukaan ruang vandal yang dibuat oleh pemerintah. Menurutnya, sangat membantu masyarakat yang ingin rehat sejenak atau berjalan-jalan, tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Taman kaya gini kan gratis, siapa saja bisa kesini. Dengan tempat wisata yang sekarang serba mahal, buat kita mikir, mending ke tempat yang gratis aja, apalagi kan disini termasuk “aesthectic”, kita bisa foto-foto juga,” tandasnya.

Namun menurut salah satu pengunjung Ruang Vandal lainnya, Thomas Riswandi (25). Agar tempat ini terjaga estetikanya, dia berharap warga yang menggambar, bisa menampilkan seni dan kemampuan terbaiknya. Agar karyanya bisa di nikmati oleh pengunjung lain.

“Dari gambar beberapa ada yang bagus, cuman masih banyak yang asal-asalan, dan tumpang tindih juga gambarnya. Terus kebanyakannya tulisan, Jadi kayak mengurangi keindahannya aja,” kata Thomas Riswandi.

Ruang Vandal merupakan ruang publik pertama yang dikhususkan untuk kegiatan vandal. Dia berharap, pembukaan taman seperti ini bisa terus di perbanyak di wilayah lain. Guna memfasilitasi para seniman grafitti di Kota Bandung.

“Semoga bisa ada lagi di tempat-tempat lain yang kaya gini, kayanya kurang juga ya kalau hanya 1, dan pastinya ada orang yang mau menggambar tapi malas karena jauh, yang akhirnya menggambar di tempat sembarangan lagi” Tambahnya.

Ruang Vandal Karet Kebo memiliki fasilitas 10 tembok. yang bisa di jadikan tempat berkreasi, untuk warga Kota Bandung yang memiliki tangan-tangan kreatif dalam seni grafitti. (mg1)

Tinggalkan Balasan