Disperkim KBB Segera Tata Kawasan Kumuh

Jabarekspres.com – Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperkim) Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal segera melakukan penataan dan pengentasan kawasan kumuh.

Kepala Bidang Kawasan Permukiman pada Disperkim KBB Lia Yulia mengaku, saat ini pihaknya tengah memetakan kawasan kumuh di wilayah Bandung Barat.

Beberapa kawasan kumuh itu berada di wilayah Kecamatan Lembang yang meliputi Desa Sukajaya dan Jayagiri, kemudian di Kecamatan Padalarang yakni di Desa Padalarang, Desa Ciburuy, dan Desa Campakamekar.

Baca Juga: Diperkimtan Prioritaskan Penataan Kawasan Kumuh di Kabupaten Bandung

Lia menyebutkan, ada tujuh elemen yang menjadikan daerah tersebut masuk ke dalam kawasan kumuh.

Beberapa elemen tersebut yakni, kepadatan penduduk, perencanaan bangunan, konstruksi bangunan, verifikasi bangunan, kepadatan bangunan, jalan dan saluran drainase serta tolilet.

”Saya juga masih mempelajari. Tapi yang jelas nanti ada penilaian,” ujarnya, kepada wartawan.

Dia mengatakan, beberapa program untuk pemetaan kawasan kumuh dan pengentasan kemiskinan adalah percepatan program rumah tidak layak huni (rutilahu), dan penyediaan sanitasi.

Baca Juga: Disperkim KBB Janjikan Rutilahu Kepada Keluarga Heni

Baca Juga: 130 Perpustakaan Sekolah di KBB Rusak Berat, Disdik Janji Perbaikan Bakal jadi Prioritas

”Di kawasan kumuh itu yang diperlukan akan terlihat. Rutilahu itu bagian kecil dari kawasan kumuh,” katanya.

Untuk pengentasan kawasan kumuh tersebut, lanjutnya, diperlukan keterlibatan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). ”Harus ada kolaborasi dari Semua SKPD untuk pengetasan kawasan kumuh ini,” pungkasnya. (mal/ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan