Dosen UII Tidak Hilang Tapi Menghilangkan Diri

JABAR EKSPRES – Dosen UII Yogyakarta Ahmad Munasir Rafie Pratama dilaporkan hilang saat kembali ke Indonesia. Mengutip dari Antara pada hari Senin (20/2) Kepala Divisi Hubungan Internasional Polri Irjen Pol. Krishna Murti menyebut Ahmad Munasir sengaja mengubah rute penerbangan tanpa memberitahu siapa pun.

“Sudah terdeteksi, yang bersangkutan tidak hilang. Tapi mengubah rute tanpa memberitahu siapa pun,” kata Krishna.

Mengenai alasan perubahan rute dosen Universitas Islam Indonesia (UII) tersebut dan apakah ada sesuatu hal yang mengubah rute tersebut, Krisna tidak menjelaskan lebih lanjut. Ia juga tidak membeberkan keberadaan dosen UII tersebut saat ini.

Sebelumnya, UII Yogyakarta meminta National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia untuk membantu mencari keberadaan seorang dosen yang dilaporkan hilang usai mengikuti kegiatan mobilitas global di University of Southeastern Norway (USN) di Norwegia.

BACA JUGA: Jiplak Motif Untuk Seragam, Burberry Tuntut 200 Sekolah di Korea Selatan

“Berdasarkan informasi yang diterima oleh keluarga melalui UII dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI), AMRP terdeteksi masuk Amerika Serikat melalui Bandara Boston pada 13 Februari 2023. Temuan ini didasarkan pada data dari United States Customs and Border Protection (US CBP),” Ucap Rektor UII Fathul Wahid dalam keterangan tertulis, dilansir detikJateng, Minggu (19/2).

Meski terlihat tiba di Boston, AS, keberadaan Ahmad Munasir Rafie Pratama di Boston belum bisa dipastikan. Rafie juga tidak dapat dihubungi sampai sekarang.

“Begitu juga, UII belum mengetahui misi atau alasan mengapa Rafie menuju Boston sekembalinya dari Oslo melalui Istanbul, dan tidak langsung ke Indonesia. Sampai saat ini, Rafie belum bisa dihubungi,” Sambung Rektor UII.

Dosen Jurusan Informatika Fakultas Teknik Informatika UII itu dilaporkan hilang kontak setelah berkomunikasi terakhir dengan istrinya pada Minggu siang (12/2). Dalam perjalanan pulangnya yang saat itu berada di Bandara Oslo. Namun keberadaan Ahamd Munasir terkini diduga berada di Boston, Amerika Serikat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan