Motivasi Islam || Cara Mengatur Harapan Agar Terhindar Dari Kecewa

JABAR EKSPRES- Harapan itu sumber kehidupan, namun hati-hati karena harapan juga bisa menjadi sumber kehancuran. baca artikel motivasi islam sampai selesai, pada halaman berikut ini.

Karena hanya orang yang berharap yang memliki potensi kecewa, dan hanya orang yang berjuang yang memiliki potensi gagal.

Dalam tulisan ini, kamu akan menemukan cara bagaiamana agar kamu tidak terbunuh oleh harapan dan keinginan yang di buat sendiri olehmu.

Kamu perlu mengatur harapan mu agar hidup mu terkendali dengan baik, berikut adalah 4 cara mengatur harapan :

  • Miliki Harapan yang rasional
  • Miliki Harapan yang dapat di kontrol
  • Miliki Harapan yang penting-penting saja
  • Miliki harapan yang dapat di terima oleh sosial maupun moral

Sedangkan komponen harapan itu ada 3, harapan akan ada jika ada 3 hal di bawah ini :

1. Goals (tujuan)
Ada suatu hal positif yang kamu harapkan agar bisa menjadi kenyataan
2. Pathway thingking (Jalan)
Kemampuan seseorang untuk membuat suatu rancangan dan rencana-rencana dalam mencapai tujuan yang diinginkan
3. Agency Thingking (Pemikiran dan Keyakinan)
Komponen motivasional dalam bentuk kapasitas dan perasaan yakin untuk mencapai tujuan.

Namun dalam berharap, kamu pasti menemukan banyak halangan dan rintangan. mak kamu perlu mengenal beberapa hal yang dapat menghalangi harapan, sebagai berikut :

1. Emosi
Hambatan emosi yaitu merupakan suatu kondisi emosi yang stressful, sehingga individu terhambat dalam mencapai tujuan, misalnya merasa kurang mampu mencapai keberhasilan dalam meraih tujuan.
2. Stressor
Penyebab stessor adalah keadaan dimana kamu memiliki sesuatu yang menekan dirimu, baik dari internal maupun eksternal, sehingga dapat menghambat terwujudnya harapan.
3. Surprise event
Surpise event adalah kondisi yang sulit kamu kontrol, karena keadaan ini merupakan hambatan yang datang dari luar, dan biasanya sering terjadi di luar dugaan yang membuat rencana mu tidak berjalan lancar.

Dalam berharap, kamu jangan sampai melupakan tuhan, sandarkan semua harapan itu pada Allah Swt. Karena sebaik- baik nya tempat berharap adalah Allah.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa Allah selalu bersama prasangka hamba-nya. Saat kamu berharap dan memiliki prasangka yang baik terhadap takdir yang telah Allah berikan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan