Ridwan Kamil Effect, Elektabilitas Atalia Praratya di Pilwalkot Bandung 2024 Moncer

JABAREKSPRES.COM, – Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, dinilai sosok potensial untuk mengikuti Pilwalkot Bandung 2024 mendatang. Terlebih, perempuan yang akrab disapa Bu Cinta tersebut, memiliki elektabilitas tinggi dan mampu bersaing dengan pertahana; Yana Mulyana.

Berdasarkan hasil survei Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC), pada Juni dan Desember 2022, menunjukkan elektabilitas Atalia Praratya sebagai tokoh potensial di Pilwalkot Bandung 2024.

Pada periode survei 20-30 Juli 2022, elektabilitas Atalia paling tinggi dibandingkan Yana Mulyana. Atalia meraih 18,8 persen, Yana 18 persen. Kemudian disusul tokoh lainnya seperti, Nurul Arifin, M Farhan, Budi Dalton, dan Raffi Ahmad.

Namun, pada rilis 12 Desember 2022, Yana berhasil mengungguli Atalia. Saat itu Yana memiliki elektabilitas mencapai 28,5 persen. Atalia berada di urutan kedua sebesar 25,6 persen. Kemudian disusul Nurul Arifin, Raffi Ahmad, dan M. Farhan.

Moncernya elektabilitas Atalia Praratya tentu bukan tanpa sebab. Melainkan adanya Ridwan Kamil effect selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018 lalu. Yang dianggap berhasil oleh masyarakat Kota Bandung.

Hal tersebut, diungkapkan Direktur Eksekutif IPRC, Firman Manan kepada Jabar Ekspres pada Rabu 15 Februari 2023.

Pengamat Politik Unpad itu melihat warga kota Bandung masih menyimpan memory kepemimpinan Ridwan Kamil. Sehingga mencari figur yang diasosiasikan dengan eks Wali Kota periode 2013-2018 tersebut.

“Saya pikir kenapa begitu, jika dilihat dari sekian banyak tokoh yang muncul, tentu yang dekat ialah: Atalia Praratya,” ucap Firman Manan.

Dia mengatakan, masyarakat melihat sosok Ridwan Kamil mampu membawa perubahan di Kota Bandung. Terlebih dengan gaya kemepimpinan yang merabak semua kalangan. Alhasil hal tersebut menjadi harapan untuk ada yang melanjutkannya.

“Tidak mungkin kan Kang Emil nyalon lagi di Wali Kota, makannya mencari figur yang diasosiasikan orang yang dekat. Dengan harapan karakter pememimpinannya, program akan terpengaruh ada Kang Emil,” kata dia.

Selain itu, Firman menyebutkan ada beberapa varial yang membuat elektabilitas Atalia Praratya moncer. Atalia kerap melakukan aktifitas publik sebagai istri Gubernur Jawa Barat terbilang aktif.

“Atalia kan aktif di Jabar Bergerak, Pramuka, PKK. Bagaimana pun berbicara pemilihan tingkat lokal memang seringkali mencari figur yang sering terlibat dalam berbagai aktifitas di level lokal,” sebut dia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan