KIP Kuliah 2023 Sudah Dibuka! Cek Persyaratan dan Jadwal Pendaftarannya di Sini!

JABAR EKSPRES – Berikut adalah link pendaftaran KIP Kuliah 2023 yang resmi sudah dibuka, cek persyaratan dan jadwalnya di sini!

Ayo daftar Kartu Indonesia Pintar atau KIP Kuliah Merdeka 2023 telah dibuka! Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs website https:// kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

KIP Kuliah 2023 merupakan bantuan pembiayaan pendidikan bagi mereka yang telah lulus SMA atau sederajat dan memiliki prestasi akademik yang sangat baik tetapi mengalami kesulitan keuangan untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi.

Harapannya, setelah lulus, anak-anak bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan meningkatkan status ekonomi dan sosial keluarga di masa depan.

Untuk mengambil mata kuliah KIP, Anda bisa melalui semua proses penerimaan universitas. Oleh karena itu, agar tidak ketinggalan, selalu perhatikan baik-baik informasi mengenai pendaftaran masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Dukungan KIP Perguruan Tinggi dapat diperoleh melalui jalur Seleksi Nasional Mahasiswa Baru (SNPMB) seperti Seleksi Berbasis Prestasi Nasional (SNBP) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau Seleksi Berbasis Ujian Nasional (SNBT).

BACA JUGA: Hakim Wahyu Iman Santoso Jadi Sorotan Yang Berani Memvonis Mati Ferdy Sambo, Ternyata Segini Total Kekayaannya

Berikut adalah persyaratan mendaftar KIP kuliah 2023 yang dilansir dari berbagai sumber:

  1. Pelamar KIP perguruan tinggi adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus atau akan lulus tahun ini atau dinyatakan lulus dalam dua tahun ke depan.
  2. Memiliki NISN, NPSN, dan NIK yang masih berlaku.
  3. Memiliki potensi akademik yang sangat baik namun memiliki keterbatasan finansial yang didukung dengan bukti dokumen yang sah.
  4. Siswa memiliki KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau tercatat di Data Terpadu Sosial (DTKS) Departemen Sosial.
  5. Telah lulus seleksi mahasiswa baru dan telah diterima di PTN atau PTS pada program studi terakreditasi A atau B. Ini juga dimungkinkan dalam kursus C bersertifikat dalam kondisi tertentu.

Jadwal Seleksi KIP Kuliah, SNBP, & SNBT 2023:

  • 14 Februari hingga 31 Oktober 2023: Penetapan penerima baru
  • 1 Juli 2023 hingga 31 Oktober 2023: Seleksi Berbasis Kinerja Nasional (SNBP) 2023
  • 14-28 Februari 2023: Pengumuman Hasil SNBP Tahun 2023
  • 28 Maret 2023: Pendaftaran UTBK-SNBT
  • 23 Maret – 14 April 2023: Implementasi UTBK Gel I
  • 8 hingga 14 Mei 2023: Implementasi UTBK gel II
  • 28 Mei 2023: Pengumuman hasil SNBT
  • 20 Juni 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan