Info Gempa Terkini M 2,3 di Kabupaten Cianjur Hari Ini 15 Februari 2023, Simak Infonya Di Sini!

JABAR EKSPRES—Gempa terkini kembali mengguncang Kabupaten Cianjur pada Selasa (14/2) pukul 20.02.

Pusat gempa terkini berada di darat sejauh 8 km Barat Laut Kabupaten Cianjur.

Lokasi gempa terkini berada di titik 6.78 LS dan 107.08 BT. Dengan kedalama 11 km.

BACA JUGA : Pelaku Tambang Emas Ilegal Bebal, Polda: Kami Tindak Tegas!

Daerah Ciputri, Pacet, Cipanas, Cugenang memiliki skala MMI II yang berarti tidak berpotensi menimbulkan kerusakan dan getaran ringan.

Skala Modified Mercalli Intensity (MMI)

Giuseppe Mercalli merupakan vulkanologis yang menciptakan satuan Mercalli tahun 1902. Satuan ini untuk mengukur kekuatan gempa bumi.

Terdapat dua faktor utama untuk mengukur kekuatan gempa. Pertama, dengan mengetahui informasi orang-orang yang selamat dari gempa tersebut. Kedua, melihat kerusakan yang timbul akibat gempa.

Banyak yang beranggapan penilaian ini memiliki nilai subjektivitas yang tinggi bila membandingkannya dengan penggunaan Skala Richter.

Kemudian, Ahli Seismologi, Harry Wood dan Frank Neuman memodifikasi Skala Mercalli tahun 1931.

Hingga saat ini masih sering digunakan bila tidak tersedianya peralatan seismometer di tempat kejadian.

I MMI : Bagi beberapa orang tidak merasakan gempa kecuali dalam keadaan luar biasa.

BACA JUGA : Kelebihan Samsung Galaxy A13, Simak Di Sini!

II MMI : Beberapa orang merasakan getaran, benda-benda berbobot ringan dengan posisi menggantung mulai bergoyang.

III MMI : Apabila posisi sedang berada di dalam ruangan atau rumah, getaran terasa nyata. Rasa yang ditimbulkan seperti ada truk sedang lewat.

IV MMI : Terjadi pada siang hari dan banyak orang yang merasakannya. Orang-orang dalam rumah maupun tetangga. Gerabah pecah, pintu dan jendela berderik dan berbunyi.

V MMI : Banyak penduduk sekitar merasakan getarannya, orang tidur banyak yang terbangun, gerabah pecah, barang banyak yang terpelanting, tiang-tiang dan barang besar bergoyang, sulit menghentikan pergerakan lonceng.

VI MMI : Semua penduduk merasakan getarannya. Berbondong-bondong lari keluar rumah. Plester dinding rumah terjatuh dan cerobong asap terutama pada pabrik mengalami kerusakan ringan.

VII MMI : Semua orang keluar rumah. Bagi bangunan rumah dengan konstruksi yang baik, hanya mengalami kerusakan ringan. Sedangkan konstruksi bangunan yang buruk akan terjadi hancur dan retak, serta cero bong asap pecap. Selain itu, pengendara mobil atau motor dapat merasakan getarannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan