Rayakan Milad ke-76, HMI Bersih-Bersih Sungai Citarum

BANDUNG – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Bandung merayakan hari ulang tahun ke-76 (milad) dengan gotong royong bersih-bersih sungai Citarum, Senin (13/2).

Milad HMI tersebut jatuh setiap tanggal 5 February.

Ketua HMI Kabupaten Bandung Fatih menuturkan, pihaknya melakukan kolaborasi dengan Satgas TNI sektor 6 Citarum untuk gerakan bersih-bersih sungai tersebut.

Fatih berharap, dengan gerakan bersih-bersih tersebut bisa menjadi contoh bagi kader HMI, mahasiswa dan masyarakat agar peduli dengan kebersihan lingkungan sekitar.

“Dan dengan kegiatan gotong royong ini bisa memperhatikan alam semesta,” kata Fatih, kepada Jabar Ekspres, kemarin.

Ia menyebut, gotong royong dengan bersih-bersih sungai Citarum itu melibat 60 orang. Kegiatan tersebut kata Fatih, sempat terhenti lantaran terkendala dengan faktor cuara.

“Harusnya jam satu siang sudah mulai, tapi karena cuaca hujan deras maka kita lanjutkan Ashar,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut disambut baik oleh Lurah Desa Bojong Sari, Asep Sujandar. Asep menyampaikan rasa terimakasih kepada kader HMI yang ikut berpartisipasi atas kegiatan bersih-bersih ini.

Sementara Satgas Sektor 6 Citarum Saepudin memaparkan, kegiatan gotong royong tersebut diadakan sejak tahun 2018, dengan melihat kondisi sungai Citarum yang penuh dengan sampah.

Tapi sejak diadakan kegiatan gotong royong, keberadaan sampah di sungai terbut mulai berkurang.

“Sebelum ada program ini, kondisi sungai memprihatinkan dengan tumpukan sampah,” ungkap Saepudin.

Dia berharap supaya warga bisa lebih cerdas untuk tidak membuang sampah ke sungai dan melakukan bersih-bersih lingkungan. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan