Dampak Gempa Turki – Suriah Merenggut Lebih Dari 33.000 Jiwa

JABAR EKSPRES – Gempa Turki – Suriah menyebabkan lebih dari 33.000 korban jiwa. Angka kematian di Turki meningkat ke 29.605 korban jiwa dan 4.500 di Suriah.

The United Nations mengatakan lebih dari 5,3 juta orang di Suriah kemungkinan akan kehilangan tempat tinggal setelah gempa. Sementara sekitar 900.000 orang sangat membutuhkan makanan hangat di Turki dan Suriah.

Pemerintah Suriah telah menyetujui pengiriman bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah terkena dampak gempa di luar kendalinya. Turki mengatakan sedang bekerja untuk membuka dua rute baru ke bagian kekuasaan pemberontak di Suriah.

Seorang Bayi Selamat Dari Runtuhan

Menteri Kesehatan Turki, Fahrettin Koca, mengatakan seorang bayi telah diselamatkan dari puing-puing di provinsi Hatay. Bayi berusia dua bulan itu selamat dari bawah reruntuhan hampir 128 jam setelah gempa. Kabar tersebut menyebar luas ke berbagai belahan dunia dan banyak orang bersedia untuk mengadopsi bayi itu.

Di antara mereka yang selamat lima hari setelah gempa Turki – Suriah ada seorang anak kecil berusia dua tahun, seorang wanita hamil enam bulan, dan seorang wanita usia 70 tahun.

Penahanan Kontraktor Bangunan

Kehakiman Turki menargetkan lebih dari 130 orang terlibat dalam metode konstruksi yang buruk dan ilegal. Sekitar 131 orang sedang dalam penyelidikan atas dugaan tanggung jawab mereka dalam pembangunan gedung yang gagal menahan gempa Turki – Suriah.

Kode konstruksi Turki telah memenuhi standar rekayasa gempa saat ini. Setidaknya di atas kertas. Sayangnya peraturan itu sangat jarang terealisasi sehingga menjelaskan mengapa ribuan bangunan bisa roboh.

Dua orang tertangkap di provinsi Gaziantep karena terduga telah memotong kolom untuk membuat raung tambahan di sebuah bangunan yang runtuh akibat gempa. Tiga orang lainnya dalam penahanan dan menunggu sidang. Tujuh ditahan dan tujuh lainnya mendapat larangan meninggalkan Turki.

Warga Indonesia dan Dunia dapat membantu para korban dengan cara donasi secara langsung. Berikut beberapa tautan atau link untuk memberikan bantuan bagi yang membutuhkan di Turki dan Suriah.

https://en.afad.gov.tr/earthquake-campaign

Türk Kızılay | Donations for Earthquake in Pazarcık | Donate (kizilay.org.tr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan