Ekowisata Cimenteng Habiskan Rp4,7 M, Komisi III DPRD Cimahi Sebut Progres Belum Optimal

Jabarekspres.com – Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Enang Syahri menyebut jika pembangunan Ekowisata Cimenteng belum maksimal. Menurutnya, tak terlihat perubahan yang signifikan.

Enang menilai, sejauh ini pembangunan yang dilakukan belum maksimal. Padahal Cimenteng akan menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata di Kota Cimahi. Dia pun meminta pemerintah segera menyelesaikan pembangunan tersebut.

”Secepatnya ekowisata ini segera diselesaikan. Ini akan menjadi daya tarik. Harus ada UMKM dan tempat itu harus didirikan dahulu,” kata Enang, kepada wartawan, usai melakukan inspeksi mendadak (Sidak) baru-baru ini.

Menurutnya, dengan lahan seluas 6.000 meter persegi tidak akan cukup untuk mendukung prasarana. Apalagi, pemerintah berkeinginan menjadikan temapt tersebut sebagai salah satu tempat camping.

”Harapannya kan tempat itu bisa dijadikan tempat kemping atau kegiatan kepemimpinan bagi siswa,” ujarnya.

Sejauh ini, lanjutnya, pembangunan Ekowisata Cimenteng menjadi perhatian masyarakat termasuk Komisi III DPRD Cimahi yang bertugas mengawasi pembangunan.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cimahi Yus Rusnaya mengaku, sidak yang dilakukannya merupakan bagian dari tugas dan fungsi dari Komisi III Ketua sebagai pengawasan.

”Kami ingin mengetahui sejauh mana progress pembangunan untuk evaluasi pembangunan yang di kerjakan,” terangnya.

Dia menjelaskan, anggaran yang digunakan untuk pembangunan ekowisata Cimenteng bersumber dari bantuan Provinsi Jawa Barat dan dari APBD Kota Cimahi.

”Bantuan dari provinsi (Jabar) sebesar Rp3,1 miliar dan dari APBD Cimahi sebesar Rp1,6 miliar,” sebutnya.

Berdasarkan hasil sidak yang dilakukan, kata Yus, pembangunan baru 50 persen. Jalan menunju lokasi masih rusak dan pengembangan lahan masih kurang.

Dia pun mendorong pemerintah Kota Cimahi untuk bisa mengoptimalkan pembangunan. ”Kami minta pembangunan ekowisata ini agar ada penambahan anggaran. Memang anggarannya tidak kecil, yang tahu persis Disbudparpora,” jelas Yus.

Dia pun berharap, pihak terkait membuat perencanaan yang baik agar pembangunan ekowisata Cimenteng segera diselesaikan dengan baik. (mg5/ziz).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan