Apa Itu Childfree? Pasangan yang Tak Ingin Punya Anak

JABAR EKSPRES – Tak semua pasangan suami istri baik yang baru menikah ataupun yang sudah lama menikah memutuskan untuk childfree atau pernikahan tanpa memiliki anak.

Keputusan untuk childfree bersifat sangat personal. Pasangan yang memutuskan untuk childfree biasanya sudah sepakat satu sama lain untuk tikda menginginkan anak dalam pernikahannya atau memang sebenarnya tidak dapat memiliki anak.

Belakangan ini istilah childfree tengah ramai diperbincangkan di media sosial Tanah Air. Adanya pro-kontra terhadap pengambilan keputusan untuk pasangan tidak memiliki anak.

Di masa lalu, orang yang sudah dewasa biasanya menikah dan menginginkan seorang anak. Tetapi di zaman sekarang tak sedikit yang memutuskan untuk menunda memiliki anak atau memutuskan untuk tidak memiliki anak.

Lantas, apa itu childfree dan kenapa pasangan suami istri memutuskan untuk tidak punya anak?

  • Latar belakang keluarga

Setiap orang pasti memiliki masa lalu yang berbeda dengan keluarganya. Lingkungan keluarga menjadi salah satu pemicu untuk dirinya menjalankan kehidupan di masa dewasa.

Begitu juga dengan kenangan kurang baik dan kekecewaan pada masa kecil yang dapat mendorong individu atau pasangan memilih untuk childfree.

  • Kondisi finansial

Keadaan finansial seseorang bisa menjadi salah satu faktor childfree, karena memikirkan kesiapan finansial kelak jika memiliki anak.

Oleh sebab itu, childfree menjadi salah satu jalan terbaik, daripada nanti tidak bisa membiayai tumbuh kembang anak.

  • Isu lingkungan

Overpopulasi sedang menjadi isu lingkungan akhir-akhir ini. Populasi manusia yang semakin banyak akan berpengaruh pada isu lingkungan hidup.

Oleh karena itu, Sebagian individu dan pasangan yang menyadari tentang hal itu, memilih untuk tidak memiliki anak dalam rumah tangganya.

Terdapat pro-kontra ketika pasangan memutuskan untuk childree atau tidak memiliki anak.

Kelebihan keluarga tanpa anak:

-Tidak ada tanggungan yang harus diurus.

-Memiliki lebih banyak kebebasan untuk berpergian, mengejar karir atau pendidikan yang berbeda.

-Pasangan bisa menghabiskan lebih banyak waktu bersama.

Kelemahan keluarga tanpa anak

-Pasangan bisa merasa terisolasi atau tersisih ketika semua teman/keluarga mereka mulai memiliki anak.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan