Taman Terakota, Ruang Publik Edukasi Pertama di Kota Bandung

BANDUNG – Wali Kota Yana Mulyana kembali meresmikan Taman Terakota sebagai ruang publik bagi umum di Jalan Budi Indah, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, Senin 6 Februari 2023.

Terakota merupakan taman berbasis edukasi pertama yang hadir di Kota Bandung.

Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengharapkan, dibukanya Terakota itu bisa menjadi wadah bagi masyarakat untuk meningkatkan imunitas dan naiknya indeks kebahagiaan.

“Dengan dibukanya taman publik, selain fungsinya untuk memperbaiki ekosistem dan serapan air, bisa termanfaatkan warga untuk beraktivitas, semoga bisa menaikan indeks kebahagian dan berpengaruh terhadap naiknya imunitas tubuh,” ujar Yana Mulyana di sela-sela peresmian.

Sementara itu, Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga Kota Bandung, Didi Ruswandi menjelaskan, dibuatnya taman Terakota ini untuk mewadahi para pelajar dan mahasiswa dalam mengembangkan ide kreatifitasnya.

“Dengan dibuatnya ini, semoga bisa mengembangkan otak kanan para pelajar terkait ide kreatifitas, dan bisa memberikan suasana baru dalam proses belajar,” imbuh Didi Ruswandi.

Selain itu, pihaknya kata dia, juga sedang melakukan pengembangan terkait fasilitas yang nantinya akan tersedia area ini. Pembangunan akan dilakukan beberapa tahap, karena luasnya area.

“Luas tanah yang tercatat di pemkot sebagai kota di luar PDAM sebesar 3.407 meter persegi, sedangkan tahap 1 yang sedang dikembangan di area ini baru 435 meter persegi,” rincinya.

Nantinya, lanjut Didi, akan ada beberapa area yang dikhususkan untuk proses pembelajaran bagi pengunjung yang datang ke taman publik Terakota ini.

“Kalau pengembangan untuk edukasi kami sedang mengupayakan untuk adanya pembelajaran mengenai pemeliharaan hutan, konservasi air, dan konservasi tanah. Kami berharap orang yang datang ke sini nantinya bisa belajar,” tandasnya. (mg3)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan