Pemkot Bandung Perbanyak Resapan Air dengan Program Ini

BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus memperbanyak resapan air melalui program penghijauan lingkungan sekitar. Wilayah Gedebage menjadi perhatian semua pihak karena wilayah tersebut krusial dengan resapan.

Banjir pun tak mampu teratasi di wilayah tersebut lantaran minimnya resapan atau penampungan air khususnya saat hujan dengan intensitas tinggi.

Wali Kota Yana Mulyana mengatakan, pihaknya sengaja memperbanyak resapan itu dengan cara menanam tanaman penghijau lingkungan.

“Makin banyak tempat-tempat resapan air itu semakin bagus,” ujar Yana, saat peresmian Ruang Edukasi Teracota di Jalan Budi Indah, Kecamatan Cicadap, Kota Bandung, Selasa 6 Februari 2023.

Orang nomor satu di Kota Bandung itu mengatakan, ada beberapa program yang digencarkan Pemkot Bandung seperti program menabung air lewat biopori atau drempori.

“Untuk program ini guna menghindari kekurangan air, agar masyarakat juga bisa menampung air hujan karena saya yakin selama air hujan masuk ke areal rumah menjadi sumber air tanah maka akan menjadi tabungan air sepanjang musim,” paparnya.

Menurut Yana, wilayah yang paling krusial untuk resapan air di Kota Bandung adalah wilayah Gedebage. Hal itu kata dia, disebabkan banyaknya bangunan di wilayah tersebut yang terus bertambah setiap tahunnya.

Walhasil, lokasi Gedebage saat ini menjadi langgnan banjir yang belum berhasil diatasi. Bahkan, banjir di wilayah tersebut merupakan salah satu banjir terparah di Kota Bandung.

“Gedebage ini adalah mangkoknya, jadi kita semua harus benar-benar menjaga resapan air,” tandasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan