Pohon Pinus Tumbang di Cikole Lembang, Satu Pengendara Tewas di TKP

BANDUNG BARAT – Seorang pengendara motor, Fani Harsanto,28, warga Perum Griya Budiman Asri RT 15/01 Desa Cibalong Dari, Kecamatan Klari, Kabupaten Karawang, meninggal dunia usai tertimpa pohon tumbang. Di Jalan Raya Tangkuban Parahu, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Sabtu (4/2/23).

“Kejadian pohon tumbang tersebut menimpa seorang pengendara motor R2 jenis Honda Beat, warna hitam dengan nomor polisi T-2190-OF yang mengakibatkan meninggal dunia,” ujar Kapolsek Lembang, Kompol Hadi Mulyana saat dihubungi.

Pohon tumbang ini dipicu angin kencang yang menerjang kawasan hutan Pinus Cikole di sepanjang jalan Raya Tangkuban Parahu, Lembang pada pagi hari.

Sekitar pukul 7.30, sebuah pohon pinus tidak kuat menahan angin lalu tumbang dan terjatuh ke badan jalan. Tidak berselang lama, satu pohon di jalan yang sama juga ikut tumbang.

“Kejadian pohon tumbang tersebut terjadi di dua titik yang berbeda dengan selisih waktu yang tidak terlalu lama yaitu lokasi pertama di sekitaran Belokan Warung Kopi Gunung dan lokasi kedua dekat Terminal Wisata Grafika Cikole,” jelas Hadi.

“Akibat kejadian pohon tumbang tersebut kendaraan motor korban mengalami rusak parah sedangkan untuk korban yang tertimpa meninggal dunia di tempat kejadian,” kata Hadi.

Tidak hanya memakan korban, pohon tumbang yang menghalangi badan jalan itu sempat memutus arus lalu lintas. Kendaraan dari arah Subang ataupun Kota Bandung terpaksa harus parkir menunggu pohon dievakuasi.

“Personel Polri dari Polsek Lembang, Brimob Cikole dan pihak perhutani serta warga sekitar melakukan evakuasi pohon tumbang dengan menggunakan mesin pemotong kayu. Agar tidak mengganggu arus lalu lintas di sekitaran TKP,” bebernya.

Saat ini arus lalu lintas dari kedua arah telah kembali normal serta dipastikan aman untuk dilalui pengendara.

“Sekitar pukul 08.40 arus lalu lintas di sekitaran TKP pohon tumbang tersebut sudah bisa dilalui dari kedua arah,” tandasnya. (mal)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan