Taukah Kamu ? Brazil dan Argentina Kolaborasi Membuat Mata Uang Baru

JABAR EKSPRES- Brazil dan Argentina ingin berintegrasi pada sektor ekonomi yang lebih besar melalui pengembangan mata uang. Sehingga mereka memutuskan untuk berkolaborasi dengan menciptakan mata uang baru.

Berputar Secara Bersamaan Mata uang masing-masing negara akan tetap diutamakan oleh pemimpin kedua negara. Mata uang baru ‘sur’ (selatan) akan beredar secara bersamaan dengan real Brasil dan peso Argentina.

Tujuan Penciptaan Uang Gabungan ini adalah untuk mengurangi ketergantungan pada dolar AS. Mata uang bersama ini juga bisa mengatasi hambatan pertukaran dengan mengutamakan penggunaan mata uang lokal.

Jika hal ini terwujud, mata uang ini akan meliputi seluruh Amerika Latin, yang mewakili 5% dari PDB global. Sementara, euro saat ini sudah mencakup 14% dari PDB global. Namun, perkembangan mata uang pasti menghabiskan waktu yang lama untuk melihat hasilnya. Eropa saja memerlukan 35 tahun dalam menciptakan kurs euro seperti sekarang.

Adapun kisah Sukses  ‘Euro’ sebagai berikut ; Euro pertama kali diciptakan sebagai mata uang yang berguna untuk nilai tukar berbagai perusahaan di pasar investasi Eropa pada 4 Januari 1999. Waktu itu, ada 11 negara yang menjadi anggota Uni Eropa yang menggunakan euro sebagai mata uang bersama,

Pada saat awal rilis, euro dihargai sekitar $1,17. Sejak saat itu, euro memberi harapan baru dengan mengimbangi kurs dolar dalam perekonomian global. Sampai sekarang, nilai tukar euro terhadap dolar AS juga masih tidak berubah jauh. $1 setara dengan 0,92 euro pada saat ini.

Euro dengan desain berupa gambar arsitektural sebagai simbol persatuan Eropa dan motif yang mewakili anggota negara baru diresmikan pada 1 Januari 2002. Mulai dari situ, euro menggantikan mata uang lokal ke 11 negara anggota Uni Eropa hingga sekarang. Bahkan, negara selain Uni Eropa seperti Vatikan dan Monako juga memakai euro.

Euro terbukti menjadi mata uang yang bisa diandalkan. Banyak perusahaan di Eropa karena sukses menghemat biaya transaksi sampai miliaran euro. Kini, euro adalah mata uang terstabil kedua setelah dolar. Pada era pandemi dan krisis ekonomi saja euro masih bisa bertahan.

Itulah berita seputar Brazil dan Argentina yang berkolaborasi untuk menciptakan mata uang terbaru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan